Angkasa Pura 2

Mitsubishi Bangun Pabrik Mobil Lagi di Bekasi

OtomotifJumat, 26 September 2014
KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

JAKARTA (beritatrans.com) – Mitsubishi Motors Corp akan berinvestasi $650 juta di Indonesia untuk membangun pabrik perakitan mobil baru. Menurut Chief Executive dan Chairman Mitsubishi, Osamu Masuko, permintaan mobil di Indonesia masih berpotensi kuat.

“Kami akan mendirikan pabrik baru di Bekasi, dengan kapasitas awal 160.000 unit,” kata Masuko kepada jurnalis, kemarin. Sebelumnya ia bertemu dengan Menteri Perindustrian Mohamad Hidayat. Di Bekasi, Mitsubishi telah memiliki sebuah pabrik. Produksi tahunan di pabrik itu sebesar 157.000 unit mobil.

Menurut Masuko, kapasitas produksi di pabrik baru—yang akan dibangun pada Mei dan mulai memproduksi kendaraan pada 2017—bisa ditingkatkan hingga 240.000 unit.

Masuko mengaku akan mengalokasikan 20.000 mobil per tahun dari pabrik baru Bekasi untuk ekspor. Negara tujuan ekspor antara lain Thailand, Filipina, serta Vietnam.

Rencana investasi Mitsubishi muncul seiring langkah perusahaan otomotif Jepang lainnya meningkatkan modal di Indonesia. Penguatan investasi ikut disetir kenaikan penjualan mobil, lepas dari minimnya infrastruktur.

Penjualan mobil di Indonesia naik 10% menjadi 1,23 juta tahun silam. Peningkatan terjadi meski Bank Indonesia menerapkan serangkaian kebijakan guna meredam permintaan impor. Penjualan mobil mencapai 830.398 unit dalam delapan bulan pertama 2014.

Rencana pabrik baru ini bisa menjadi awal yang bagus bagi pemerintahan Joko Widodo jika perusahaan asing lain juga tertarik masuk, kata Juniman, ekonom Bank International Indonesia.

“Investasi asing langsung kemungkinan akan [bertambah], karena sebagian investor tampaknya menangguhkan rencana menanam modal sambil menunggu stabilitas politik [setelah Pemilu],” ujarnya.

Menurut Juniman, pemodal asing akan semakin tertarik jika pemerintah yang baru mampu mempermudah proses izin usaha dan pembebasan lahan, serta memperbaiki infrastruktur.(tifa).