Angkasa Pura 2

Pemerintahan SBY Tak Perhatikan Transportasi Umum

KoridorSenin, 29 September 2014
bus primajasa

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemeritahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan permasalahan bernama transportasi umum. Hampir semua transportasi umum di berbagi kota utama di Tanah Air menuju kebangkrutannya. Padahal, masyarakat butuh angkutan umum yang baik, murah, terpadu dan mempunyai jangkauan ke pelosoh Tanah Air.

“Pemerintahan SBY lebih mengutamakan transportasi pribadi. Akibatnya 95% lebih kendaraan transportasi umum di daerah alami sekarat,” ujar pakar transportasi Unika Soegijoparnoto Djoko Setiowarno kepada beritatrans.com, di Jakarta, Senin (29/9).

Dikatakan, banyak kota yang sudah tidak ada pelayanan transportasi umum, antara lain, Mamuju Sulawesi Barat, Demak Jawa Tengah, Tangjungpandan Bangka Belitung, Denpasar Bali dan lainnya.

Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan dan Ditjrn Perekeretaapian Kemenhub harus dinaikkan anggarannya sampai dua kali lipat dari yang disetujui sekarang.

“Perbanyakan bantuan bus-bus ke daerah untuk membantu daerah menata transportasi umum. Untuk melayani angkutan warga di satu daerah, yang paling baik dan efisien adalagh dengan transportsi umum bukan kendaraan pribagi,” tegas Djoko.(helmi)

loading...