Angkasa Pura 2

BNP2TKI Tutup Terminal Khusus TKI di Bandara Soetta

BandaraRabu, 1 Oktober 2014
gatot bnp2tki

TANGERANG (beritatrans.com) – Terminal khusus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang resmi ditutup. Sebagai gantinya, Badan Nasional Pengawasan dan Penempatan TKI (BNP2TKI) akan membentuk help desk untuk membantu TKI mengatasi masalah ketenagakerjaan.

“Ini merupakan gebrakan terkait tuntutan masyarakat,” kata Ketua BNP2TKI, Gatot Abdullah Mansyur, di Bandara Soetta Cengkareng, Tangerang, Rabu (1/10/2014).

Dia menjelaskan penutupan terminal khusus TKI merupakan tindak lanjut dari sidak tersebut. Ada sejumlah lembaga, termasuk KPK, yang menghendaki terminal dihapus untuk meminimalisir pemerasan terhadap TKI. “TKI bisa pulang seperti penumpang umum,” kata Gatot seperti dikutip antaranews.

Seperti diketahui, pada Juli 2014 lalu, tim gabungan KPK, Polri, UKP4, dan PT Angkasa Pura II melakukan sidak di terminal tersebut. Sedikitnya 18 orang ditangkap terkait dugaan pemerasan TKI. Kabareskrim Polri Irjen Suhardi Alius menyebut ada 2 anggota Polri yang terlibat. Satu di antaranya dipecat karena terbukti memeras TKI.

Selanjutnya, jelas Gatot, terminal khusus TKI hanya dijadikan help desk. Tempat ini menjadi semacam ruang pengaduan TKI yang bermasalah seperti gaji yang tidak dibayar dan pencairan asuransi. Juga jadi bantuan darurat jika TKI sakit dan memerlukan penanganan secepatnya.

Penutupan terminal 2 sekaligus soft launching help desk dan crisis center tersebut dihadiri beberapa pejabat BNP2TKI, pejabat PT Angkasa Pura II, dan Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol CH Potoppoi.(helmi)

loading...