Angkasa Pura 2

Tommy Tutup Diklat Dasar Pembentukan Karakter Taruna Tranportasi

SDMRabu, 1 Oktober 2014
tommy pin

BANDUNG (beritatrans.com) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Wahju Satrio Utomo menutup Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna Diklat Transportasi di Pusdik Infanteri, Cipatat Bandung, Rabu (1/10). Penutupan dihadiri seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPSDM Perhubungan serta pejabat terkait dan undangan baik sipil dan TNI.

Sebanyak 1.400 taruna dari STPI Curug, STIP Marunda, STTD Bekasi, PTKJ Tegal, PIP Semarang, Poltekpel Surabaya, ATKP Surabaya dan ATKP Medan. Mereka menjalani pendidikan dasar pembentukan karakter yang ditangani langsung oleh instruktur dan dosen senior di Pusdik Infanteri TNI AD. “Mereka dididik dan dibentuk sebagai taruna transportasi yang terampil dan profesional di Pusdik Infanteri ini. Pada saatnya nanti, mereka dituntut untuk bekerja maksimal melayani masyarakat,” kata Tommy sapaan akrab dia.

Penutupan diklat ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta sekaligus penyematan pin taruna dan penyerahan ijazah secara simbolis kepada taruna lulusan terbaik. Para taruna dinyatakan lulus dengan predikat baik dan memuaskan berdasarkan penilaian tim independen.

Diklat terpadu bagi taruna baru sekolah-sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan dilakukan terpadu dan dipusatkan di Pusdik Infanteri Bandung. Sebelumnya sudah ada tapi pelaksanaannya dilakukan di kampus masing-masing yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

taruna siaga

Pusdik Infanteri menjadi pilihan untuk melakukan Diklat Dasar Taruna Transportasi karena tempat ini luas, lengkap dan mampu menampung sampai 2000 siswa. “Selain itu, fasilitas, tenaga pendidik serta lainnya tersedia di usdik Infanteri,” kata Tommy.

Sesuai rencana, pemusatan diklat dasar taruna transportasi ke depan masih akan dilakukan di Pusdik Infanteri Cipatat. “Kalau kampus BPSDM Perhubungan di Ciwidey Bandung sudah jadi dan bisa dipakai, bisa juga dialihkan. Tapi, bisa juga tetap melibatkan personel dan sistem pendidikan di Pusdik Infanteri,” papar Tommy.

“Ada nilai-nilai dasar yang baik dari Pusdik Infanteri yang layak dikembangkan di kampus BPSDM Perhubungan. Nilai-nilai disiplin, kerja keras, kesatuan dan persatuan layak kita tiru. Selanjutnya, mereka ditutut untuk bekerja dan melayani masyarakat sipil dengan lebih baik,” tegas Tommy.(helmi)

loading...