Angkasa Pura 2

Jelang Idul Adha, Tiket KA dari Jakarta Habis Terjual

EmplasemenKamis, 2 Oktober 2014
agus komarudin daop 1

JAKARTA (beritatrans.com) -Menjelang perayaan hari besar keagamaan Idul Adha 2014, penjualan tiket kereta api (KA) dari Jakarta ke berbagai kota di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur melonjak. “Dipastikan, tiket KA hampir habis untuk keberangkatan Jumat dan Sabtu besuk. Konsumen sudah lama membeli tiket bahkan melalui fasilitas on line system,” kata Kahumas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta, Agus Komarudin menjawab beritatrans.com, Kamis (2/10/2014).

“Untuk angkutan Idul Adha tidak ada perbedaan dengan weekend lainnya. Penjualan tiket untuk keberangkatan tanggal 3 dan 4 Oktober 2014 untuk KA kelas ekonomi mencapai 99,5%, KA kelas bisnis terjual 98% dan KA kelas eksekutif terjual 98%,” kata Agus serius.

Beberapa kota tujuan yang menjadi favorit pemudik Idul Adha ini antara lain, Cirebon, Banung, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Surabaya. “Itulah kota-kota tujuan yang paling ramai diburu pembeli tiket,” jelas Agus lagi.

Seperti diketahui, perayaan Idul Adha tahun 2014 akan ada perbedaan. Warga Muhammadiyah akan menggelar sholat Idul Adha Sabtu. Sedang pemerintah melalui Kementerian Agama akan merayakan hari Ahad besuknya.

Menurut Agus, sejauh ini penjualan tiket KA sudah dibuka sejak H-90. Selain itu, tiket KA lebih banyak dijual secara on line. Jadi masyarakat lebih longgar dan bisa mengatur perjalanan dengan baik. “Dinamika dan kemudahan pembelian tiket KA sekarang memang luar biasa. Masyarakat tanpa kecuali bisa membeli tiket termasuk dari Indomart/ Alfamart rekanan KAI,” jelas Agus.

Keberangkatan KA masih seperti biasa, lanjut dia, KA ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Tanah Abang dan Jakarta Kota. Sedang KA non ekonomi tetap dari Stasiun Gambir Jakarta Pusat.

Kendati begitu, aku Agus, pihaknya belum berencana mengoperasikan KA tambahan. “Akan kita lihat dulu kondisi di lapangan. Tapi jika dibutuhkan KAI siap menambah perjalanan KA itu,” terang dia.(helmi)

loading...