Angkasa Pura 2

Kemenhub Kaji Pengembangan Pelabuhan Merak-Bakauheni

DermagaKamis, 2 Oktober 2014
merak-padat

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan sedang mengkaji pengembangan dermaga pelabuhan penyeberangan Merak Banten dan Bakauheni Lampung. Konsep awalnya akan dikembangkan menjadi 10 dermaga.

“Semua akan disesuaikan dengan dinamika dan peningkatan arus kapal dan barang di lintasan Merak-Bakauheni itu,” ujar Wamenhub Bambang Susantono usai pelantikan pejabat eselon II di Kemenhub RI, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Dikatakan, ada beberapa opsi pengembangan dermaga pelabuhan penyeberangan di ujung barat pulau Jawa itu. Bisa dilokasi yang ada sekarang, bergeser ke tempat lain tapi tidak jauh atau mencari lokasi yang benar-benar baru.

“Semua masih dikaji dan hasilnya nanti baru akan disampaikan sebelum mengambil keputusan,” kata Plt Menhub itu lagi.

Dengan skenario ekonomi nasional tumbuh bagus dan arus barang dan penumpang di lintasan Merak-Bakauheni makin tinggi, maka fasilitas yang ada baik dermaga, lapangan penumpukan dan lainnya tidak memadahi lagi. “Sebelum semua terjadi, kita perlu menyiapkan beberapa opsi. Salah satunya dengan mengembangkan pelabuhan baru di lintasan Merak-Bakauheni tersebut,” jelas Bambang.

Dikatakan, tahun 2015 mendatang proses feseabelity studi (SF) dan design sudah selesai. “Untuk proyek tersebut, setahun cukup. Yang jelas, perkembangan ekonomi nasional serta bertambahan permintaan penyeberangan barangdan penumpang di Merak-Bakauheni harus diantisipasi dengan baik,” tegas Bambang lagi.(helmi)