Angkasa Pura 2

Kemenhub Bangun Dua Bandara di Natuna dan Anambas

BandaraJumat, 3 Oktober 2014
santoso eddy lg

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah tengah membangun dan mningkatkan kapasitas beberapa bandara perintis di pulau-pulau terdepan. Proyek infrastruktur itu dibangun untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus untuk pemerataan pembangunan di Tanah Air.

“Kita tengah membangun dua bandara di pulau terdepan, masing-masing di Pulau Natuna dan Pulau Anambas Kepulauan Riau. Keduanya diharapkan bisa didarati pesawat jenis ATR,” ujar Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Ir.Santoso Eddy Wibowo menjawab beritatrans.com, Kamis (2/10/2014) malam.

Tahun depan, diharapkan landasan pacu sepanjang 1.600 meter sudah selesai dibangun. Sambil melengkapi fasilitas dan infrastruktur pendukung, jika dibutuhkan sudah bisa dioperasikan. “Kita perlu mempercepat pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya ke seluruh wilayah NKRI. Untuk daerah terpencil dan terdepan perlu dibangun bandara perintis itu,” kata Santoso Eddy.

Dua bandara di Kepulauan Riau –Natuna dan Anambas– itu diharapkan bisa melayani penerbangan dari Batam-Natuna-Anambas-Pontianak pergi pulng (PP). Selama ini, penerbangan ke Natuna misalnya dilayani dengan penerbangan charter, baik di Batam atau Bandara Halim Perdanakusuma.

“Jika fasilitas dan infrastruktur bandara di Kepulauan Riau khususnya Natuna dan Anambas diperbaiki, maka lalu lintas orang dan barang dari dan menuju daerah terdepan itu makin lancar. Ekonomi warga pun ikut terdongkrak an kesejahteraan rakyat bisa lebih baik lagi,” tandas Santoso Eddy.(helmi)