Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan: Siapkan SDM Profesional Sektor Transportasi!

SDMSenin, 6 Oktober 2014
IMG_20140918_102131_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Indonesia membutuhkan banyak tenaga profesional di bidang transportasi khususnya sektor jasa kepelabuhanan. Banyak proyek pelabuhan baru tengah dibangun dan mereka membutuhkan sumber daya manusia (SDM) terampil di bidang itu.

“Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sudah mereklamasi pantai utara Jawa untuk membangun Pelabuhan Kalibaru atau New Tanjung Priok Port. Di Surabaya tengah dibangun Pelabuhan Kali Lamong,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Wahju Satrio Utomo di Jakarta.

Menurutnya sesuai ketentuan UU No.17/2008 tentang Pelayaran, semua instansi termasuk Pemda yang membangun infrastruktur transportasi seperti pelabuhan misalnya, wajib mendidik dan menyediakan SDM yang akan menanganinya. “Tapi, fakta yang ada belum semua lembaga tersebut menyiapkan SDM yang akan ditempatkan disana,” kata Tommy saat dikonfirmasi beritatrans.com kemarin.

BM Petikemas

Dikatakan, sulit dibayangkan dari mana SDM yang akan ditempatkan disana (Pelabuhan Kalibaru dan Pelabuhan Kali Lamong) itu. Yang pasti, semua SDM kepelabuhanan ke depan harus profesional dan mempunyai sertifikasi international. “Jika SDM Indonesia tak dilengkapi sertifikasi international, sulit bagi mereka masuk dunia kerja. Kalau bisa tak akan dibayar sesuai standard kelas dunia,” jelas Tommy lagi.

“Ini tantangan bagi BPSDM Perhubungan dan UPT dibawahnya, untuk menyediakan dan menyiapkan SDM profesional di sektor transportasi itu. Bila perlu BUMN dan sektor swasta juga menyiapkan SDM mereka. Bukan hanya mereka yang akan bekerja di pelabuhan baru nanti, juga usaha pendukung yang berkaitan dengan jasa kepelabuhanan tersebut,” urai Tommy.

“Ironis dan sulit diterima akan sehat, kalau nanti SDM kita tak mampu bersaing dan hanya menjadi penonton. Ancaman serius itu harus dihadapi secara bijak dengan menyiapkan SDM profesional sejak sekarang. Akhir tahun 2015, Masyarakat Ekonoi ASEAN akan dibuka dan semua harus siap termasuk SDM-nya,” tegas Tommy.(helmi)

loading...