Angkasa Pura 2

Siapkan SDM Transportasi

BPSDM Perhubungan Siap Rekrut Putra Terbaik di Tanah Air

SDMRabu, 8 Oktober 2014
tomy1

BADUNG (beritatrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan bertekad mengoptimalkan pendidikan putra-putri berprestasi terutama dari keluarga kurang mampu. “Kita akan menjaring putra-putri berprestas di seluruh Indonesia dan diberikan beasiswa agar bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik. Selanjutnya, mereka diminta mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Kepala BPSDP Perhubungan Wahju Satrio Utomo dalam perbincangan dengan beritatrans.com di Badung, Bali, Rabu (8/10/2014) malam.

BPSDM Perhubungan tahun ajaran 2014 merekrut taruna baru sekitar 1.400 orang. Tahun 2015 mendatang, akan ditingkatkan menjadi 2.000 orang, dari berbagai matra yang ada seperti transportasi darat, laut, udara, kereta api serta sungai dan penyeberangan.

“Jika kita merekrut putra berprestasi dan dididik dengan baik sejak awal hasilnya akan maksimal. Kita juga perlu membuktikan pada negara dan rakyat, bahwa BPSDM Perhubungan mampu mendidik dan menyiapkan tenaga profesional dalam jumlah yang lebih besar dan hasilnya dikembalikan ke masyarakat,” tandas Tommy.

Menurutnya, banyak putra-putri Indonesia berprestasi tapi mereka kurang secara ekonomi. Mereka itulah yang menjadi target BPSDM Perhubungan untuk direkrut dan dididik di sekolah-sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan seperti sekolah pilot, pelaut, teknisi kapal, pesawat terbang dan lainnya. Bila perlu proses rekrutmen dilakukan sejak di bangku SLTA di seluruh Tanah Air.

tommy dan taruna pusdikif

“Indonesia butuh SDM profesional di bidang transportasi. Kebutuhan pilot dan pelaut sangat tinggi, jauh diatas kemampuan kita mendidik dan menyiapkan mereka. Perlu terobosan baru untuk mendidik putra-putri terbaik di negeri ini untuk menyiapkan SDM transportasi unggul di masa mendatang,” kata Tommy.

Dikatakan Tommy, sekolah-sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan akan lebih agresif merekrut dan mendidik anak-anak berprestasi tersebut. “Kita akan memberikan beasiswa anak berpretasi terutama dari keluarga miskin. Mereka akan dibentuk dan dipersiapkan menjadi kader muda pembangunan di masa mendatang khususnya di sektor transportasi,” papar dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan komitmen akan memberikan beasiswa sampai 30% dari alumni sekolah-sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan yang berprestasi. “Mereka akan dididik dan disiapkan menjadi SDM unggul. Salah satunya kita siap memberikan beasiswa tersebut,” kata Menhub EE Mangindaan saat wisuda terpadu di STPI Curug, Tangerang lalu.

“Selain itu, Kementerian Perhubungan juga membutuhkan SDM unggul yang akan menjadi instruktur, pengawas dan pembina berbagai moda transportasi di Tanah Air. Mereka itu harus direkrut dari putra-putra terbaik yang ada,” tegas Menhub.(helmi)