Angkasa Pura 2

Kemenhub-Pemkab Nias Kembangkan Bandara Binaka

BandaraJumat, 10 Oktober 2014
IMG_00000435_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias, Provinsi Sumatera Utara sepakat akan mengembangkan Bandara Binaka. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam nota kesepakatan bersama (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengatakan, pertumbuhan penumpang di Bandara Binaka cukup pesat. Tahun 2013 lalu, jumlah penumpang bandara yang dibangun oleh BRR Aceh itu sudah mencapai sekitar 207 ribu orang.

“Dengan kerjasama ini kami berharap Bandara Binaka bisa lebih besar dan mampu menampung jumlah penumpang yang lebih besar serta bisa didarati oleh pesawat-pesawat berbadan besar,” kata Sokhiatulo.

Menurutnya saat ini Bandara Binaka baru bisa didarati oleh pesawat jenis foker F50 karena baru memilik panjang landasan 1.800 meter dengan lebar 30 meter. Sokhiatulo berharap panjang landasan bisa bertambah hingga 2.600 meter.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Santoso Eddy Wibowo mengatakan, kerjasama tersebut mencakup pengembangan sisi udara dan sisi darat bandara. “Masing-masing pihak berkomitmen untuk menyediakan dana pembangunan dan pengembangan, baik untuk sisi udara maupun sisi darat. Sumber dananya dari APBN dan APBD,” kata Eddy.

Meskipun demikian, Sokhiatulo mengaku untuk anggaran 2014 dan 2015 pihaknya belum menyiapkan dana. Saat ini anggaran untuk Bandara Binaka masih bersumber dari APBN sebesar Rp3,8 miliar.

“Kami berharap dengan adanya MoU ini dapat mendorong para pengambil kebijakan agar mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan dan pengembangan Binaka,” ujarnya. (aliy)