Angkasa Pura 2

Wirasaba Siap Dioperasikan Sebagai Bandara Komersial

BandaraJumat, 10 Oktober 2014
bandara wirasaba -purba

PURBALINGGA (beritatrans.com). Paling lama dua tahun lagi, Bandara Wirasaba di Purbalingga Jawa Tengah siap dioperasikan sebagai bandara komersial. Bandara ini tengah direnovasi dan akan mempunyai panjang landasan sampai 1.500 meter. Pemrov Jawa Tengah menggelontorkan dana Rp100 miliar untuk renovasi dan perbaikan bandara tersebut.

“Pesawat dengan kapasitas 50 orang bisa mendarat di Bandara Wirasaba,” kata Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, saat meninjau Jembatan Linggamas bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/10/2014).

Pengoperasian bandara sudah disepakati Wakil Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, TNI Anggatan Udara dan Provinsi Jawa Tengah. Sukento mengatakan, draf pengelolaan bandara sudah ada di tangan Kementerian Perhubungan.

“Anggaran pembangunan landasan pacu nantinya akan menggunakan angaran APBD, dengan perkiraan biaya konstruksi Rp100 miliar. Sedangkan kesepakatan pengelolaan bandara menunggu kesepakatan lebih lanjut karena tanah tersebut milik TNI AU,” kata Sukento seperti dikutip tempo.

Dengan terbangunnya bandara ini, Sukento berharap dapat meningkatkan investasi ke Purbalingga. Purbalingga diharapkan dapat menjadi kota wisata dan kota perdagangan. Untuk mendukung itu semua pemda juga telah melakukan perbaikan infrastruktur jalan utama dan diperkirakan pada tahun 2015 telah baik semua. “Pembangunan Jembatan Linggamas Insyaallah tahun ini bisa selesai,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya pembukaaan Bandara Wirasaba karena bisa meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Tengah selatan. “Selama ini masalah pengusaha yang ingin ke Jateng selatan adalah transportasi,” katanya.

Ada juga rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghidupkan jalur kereta Purwokerto-Wonosobo agar bisa meningkatkan mobilitas masyarakat karena wilayah Purbalingga dilalui lintasan kereta. Perubahan Rencana Tata Ruang (RTRW) pada 2016 juga akan disesuaikan dengan rencana pembangunan Purbalingga sebagai kota wisata, industri dan perdagangan.(anwar/helmi)

loading...