Angkasa Pura 2

Rafi: Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Beroperasi Agustus 2015

BandaraSabtu, 11 Oktober 2014
rafi-edit1

JAKARTA (beritatrans.com) – Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kini sudah mencapai 55% selesai. Luas terminal mencapai 38.000 meter persegi (m2). Targetnya Agustus 2015 sudah selesai dan bisa dioperasikan. Soetta ke depan akan menjadi bandara terbesar dan termegah di Tanah Air.

“Terminal 3 Badara Soetta yang baru nanti mampu menampung 25 juta penumpang per tahun. Kalau Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soetta yang ada sekarang mampu menampung 22 juta penumpang per tahun, tahun depan Bandara Soetta bisa menampung sampai 47 juta orang per tahun,” ujar Direktur Pengembangan Bandara PT Angkasa Pura (AP) 2 Ir.Salahudin Rafi,MBA menjawab beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (11/10/2014).

Proyek Kereta Api (KA) Bandara tahun depan diproyeksikan juga selesai dibangun dan siap melayani masyarakat tahun 2015 akhir atau awal 2016. Oleh karena itu, kapasitas dan daya tampung bandara makin besar dibandingkan kondisi eksisting.

“Proyeksi awal, Bandara Soetta tahun 2016 paling lambat bisa melayani sekitar 87 juta penumpang per tahun. “Kapasitasnya jauh lebih besar dan akses masuk ke bandara makin banyak. Selain bus AKAP, ada KA Bandara bahkan kendaraan pribadi dan taksi bisa masuk ke bandara,” kata Rafi lagi.

fasilitas-baru-t3

Jika Terminal 3 Bandara Soetta sudah jadi dan sudah dioperasikan, lanjut Raffi, maka proyek revitalisasi Terminal I Bandara Soetta akan dilakukan. “Manajemen AP 2 tengah menggarap proyek besar. Bandara Soetta akan direvitaslisasi bahkan direncanakan membangun run way ketiga di sisi utara,” papar alumni STPI Curug itu.

“Kebutuhan dana investasi AP 2 untuk merevitalisasi Bandara Soetta sebesar Rp26,5 triliun diluar biaya pembanguna run way. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan Terminal 3, revitalisasi Terminal I dan pembangunan KA Bandara Soetta. Selain itu akan dibangun kawasan bisnis dan perkantoran terpadu di Bandara Soetta,” tandas Rafi.

Sebelumnya, Dirut AP 2 Tri S.Sunoko mengatakan, pihaknya akan membangun Bandara Soetta menjadi aetropolis. Yaitu bandara sebagai simpul transportasi, sekaligus pusat kegiatan bisnis dan niaga. “Oleh karena itu, manajemen AP 2 tengah menggalakkan proyek pembangunan besar-besaran di Bandara Soetta,” kata Tri Sunoko.

“Ke depan, Bandara Soetta akan mempunyai tiga terminal yang megah dan besar kapasitasnya. Di bagian tengah Bandara Soetta, akan dikembangkan menjadi kawasan bisnis, hotel dan ballroom. Jadi, orang dari luar Jakarta untuk bisnis, rapat, seminar dan lainnya cukup di bandara. Selanjutnya pulang ke daerah bahkan bisa balik ke Singapura bersama keluarganya di malam hari,” tegas Tri Sunoko.(helmi)