Angkasa Pura 2

Kabut Asap Lumpuhkan Aktivitas Bandara Sultan Thaha Jambi

BandaraSenin, 13 Oktober 2014
Bandara Sulatn Thaha

JAKARTA (beritatrans.com) – Aktivitas penerbangan pesawat di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi sejak Minggu hingga Senin lumpuh akibat jarak pandang pilot terganggu kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

“Tidak ada satupun pesawat komersial dari Garuda, Sriwijaya, Lion dan lain-lain yang mendarat sejak kemarin,” kata Kepala Bandara Sultan Thaha Jambi, Dorma Manalu, di Jambi, Senin (12/10/2014)

“Pagi ini jarak pandang sekitar 800 meter memang pesawat tidak bisa berangkat, tapi jarak pandang itu akan berubah setiap jam. Kami tidak menutup bandara. Karena tidak ada yang masuk, maka tidak ada pesawat yang berangkat,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Mengenai penumpang, kata dia, banyak yang membatalkan keberangkatan dan menarik uang kembali, tetapi tidak sedikit juga tetap menggunakan maskapai yang mengalihan jadwal penerbangan.

Kabut asap di Jambi sejak Jumat (10/10) tebal dan pekat. Berdasarkan rilis BMKG Jambi, pukul 07.45 WIB Senin pagi, indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Jambi mencapai 101,83 dengan kategori tidak sehat.

Kabut asap tidak hanya menyelimuti Kota Jambi, tetapi juga seluruh kabupaten provinsi tersebut.

Sejak seminggu terakhir aktivitas penerbangan dan pelayaran di daerah itu terganggu.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus sudah mengintruksikan agar Dinas Pendidikan menutup sementara aktivitas belajar-mengajar. Selain itu, warga diimbau menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan untuk mengantisipasi penyakit insfeksi saluran pernafasan atas. (aliy)

loading...