Angkasa Pura 2

Pelebaran Jembatan Tol Bekasi Timur Selesai 15 Desember

KoridorSenin, 13 Oktober 2014
jembatan tol

BEKASI (beritatrans.com) – Sekretaris Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, Mohammad Ridwan, mengaku sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah di kawasan depan gerbang Tol Bekasi Timur.

Menurut Ridwan, anggaran pelebaran jembatan tersebut berasal dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat. Pengerjaannya, akan memakan anggaran sebesar Rp28 miliar lebih. Sedangkan lahan yang dipergunakan dalam pelebaran badan jembatan adalah milik Jasa Marga.

“Jadi kita manfaatkan lahan milik Jasa Marga, saat ini masih dalam proses pengerjaannya,” terangnya kepada beritatrans saat dikonfirmasi via telepon, Senin (13/10/2014).

Pelebaran tersebut, akan memakan 12 meter sisi sebelah timur Jembatan dari lebar saat ini 8 meter panjang 800 meter. Pihaknya juga memastikan, tidak akan ada rumah warga yang terkena penggusuran. Karena pengerjaan ini, hanya menggunakan lahan sisa di sisi tol Jakarta- Cikampek milik Jasa Marga.

“Pelebaran tahap pertama akan selesai akhir pada 15 Desember, dan tidak akan memakan tanah warga, kecuali nanti saat pengerjaan tahap kedua barulah dibutuhkan pembebasan lahan milik warga,” tambahnya.

Usai pelebaran Jembatan Tol Bekasi Timur nantinya diikuti pelebaran jalan sekitarnya. Pada tahap kedua, pihaknya akan melebarkan badan jalan Joyomartono hingga Jalan Jatimulya-Pengasinan.

“Rencananya, badan jalan ini akan dilebarkan sebanyak 5 meter di sisi timur dan 3 meter di sisi sebelah barat,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Sopandi Budiman menjelaskan, pelebaran jembatan Tol Bekasi Timur akan mengurai kemacetan dari dan ke arah Bulak Kapal dan Jatimulya-Pengasinan.

“Masalahnya, kemacetan parah di depan pintu keluar tol Bekasi Timur sering terjadi saat jam berangkat-pulang kerja dan ketika weekend,” tutupnya. (leny)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari