Angkasa Pura 2

Pemprov Jateng Segera Operasikan Bus Komuter Semarang-Bawen

KoridorSenin, 13 Oktober 2014
Ganjar Pranowo

JAKARTA (beritatrans.com) Pemprov Jawa Tengah akan mengoperasikan bus komuter ke beberapa kota satelit di Semarang, Jawa Tengah seperti Semarang-Bawen, Semarang-Demak dan Semarang-Kendal. Angkutan umum berbasis bus itu akan melengkapi KA Kedung Sepur yang sudah beroperasi sebelumnya.

Ini bagian dari komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyediakan angkutan umum yang baik dan terjangkau masyarakat kecil. “ Pak Ganjar sudah sampaikan itu sejak kampanye Pilkada dulu. Untuk tahap pertama, yang akan dibuka rute Semarang-Bawen. Rute itu paling padat dan dan jumlah penumpangnya cukup tinggi,” ujar Dahyan Iswandi, Kabag Program Dinas Perhubungan Jawa Tengah menjawab beritatrans.com, kemarin.

Untuk tahap pertama, akan dioperasikan rute Semarang-Bawen. Bus berangkat dari Stasiun Poncol Semarang ke Terminal Bawen. “Rute Semarang-Bawen dimulai dengan mengoperasikan 25 bus sedang. Proyek ini dibiayai dengan dana APBD dan secepatnya akan beroperasi,” kata Dahyan lagi.

Trayek bus berangkat dari Stasiun Poncol Semarang, biar ada koneksi dengan kereta api (KA). Stasiun KA Poncol itu tepat berada di jantung kota Semarang. “Ke depan, harus ada konektivitas antara bus dengan KA bahkan kapal laut. Apalagi kemacetan di kota Semarang kini semakin parah,” jelas Dahyan.

Selain itu, angkutan komuter berbasis bus untuk rakyat kecil merupakan janji Gubernur Jawa Tengah saat kampanye dulu. “Pak Ganjar menjanjikan angkutan umum massal yang baik dan terjangkau. Terlebih bagi para pekerja pabrik yang banyak tersebar di antara ruas Semarang-Bawen. Oleh karena itu, rute tersebut menjadi target untuk dioperasikan dahulu,” papar Dahyan.

Selanjutnya menyusul bus trayek Semarang-Demak dan Semarang-Kendala. Bus komuter yang melintasi kota Semarang ke beberapa daerah penyangga itu melengkapi KA Kedung Sepur yang sudah beroperasi sebelumnya di rute Semarang, Kendal, Demak, Purwodadi bahkan sampai ke Bawen. “Semua akan dibangun dan dibiayai dengan dana APBD,” tegas Dahyan.(helmi).

loading...