Angkasa Pura 2

BSG Basarnas Siap Turun ke Semua Medan

Another NewsJumat, 17 Oktober 2014
IMG_20141017_104803_edit

BOGOR (beritatrans.com) – Badan SAR Nasional (Basarnas) mempunyai team elit yang siap diturunkan ke segala medan. Kemampuan dan kualifikasi mereka rata-rata dan siap membantu kurban di lokasi bencana baik di darat, laut dan udara.

“Team Basarnas Spesial Group (BSG) yang terdiri 60 orang. Mereka diambil dari anggota pilihan di setiap kantor SAR di daerah dan dididik khusus dengan kemampuan lebih,” kata Karo Umum Basarnas Agus Sukarno di Bogor, Jumat (17/10/2014).

BSG dibentuk sejak kasus jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Jawa Barat. Bermula dari medan pencarian yang berat, minim biaya dan sumber daya muncul ide membentuk BSG ini.
“Saat itulah terfikir untuk membentuk Team SAR yang khusus yang siap digerakkan dan diturunkan ke segala medan,” jelas Agus.

“BSG ini seperti Kopassus-nya Basarnas. Team ini dipersiapkan sedemikian rupa untuk bisa menolong kurban dengan hasil maksimal dan biaya minimal,” tandas Agus.

Charles Danki BSG menambahkan, kemampuan anggota BSG bisa untuk membantu korban di darat atau laut.

“Kemampuan dasar mereka bisa berenang, menyelam, terjun payung bahkan teknik surveiver di medan berat sekalipun,” kata dia.
Pembentukan BSG sudah dua kali, masing-masing angkatan 60 orang.

“Mereka dipilih dari anggota terbaik di kantor SAR dan didiklat lagi dengan kemampuan khusus. Mereka memang disiapkan untuk membantu menyelamatkan dan mengevaluasi di tempat sulit dan medan berat,” papar Charles.

Ada teknik-teknik tertentu untuk mencari kurban baik di hutan, di air bahkan udara. “Intinya, bagaimana menemukan kurban, membantu dan menyelamatkan dari lapangan. Semua ada ilmu dan teknik khusus,” tegas Charles.(helmi/aliy)