Angkasa Pura 2

Jokowi akan Gunakan Mobil Mercy Anti Peluru

KoridorMonday, 20 October 2014

JAKARTA (beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan memperoleh fasilitas khusus sebagai pejabat negara, termasuk mobil kepresidenan. Demi alasan keamanan dan keselamatan, pria asal Solo Jawa Tengah itu harus menggunakan mobil kepresidenan dan anti peluru.

Sebelumnya, Jokowi sempat berkeinginan untuk menggunakan mobil Toyota Kijang yang biasa dipakai saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menjadi kendaraan dinas. Mobil itu yang digunakan selama Jokowi selama menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di Jakarta itu.

Saat menjabat Walikota Surakarta, Jokowi sempat memperkenalan Mobil ESEMKA, buatan siswa salah satu SMK di Kota Surakarta. Mobil itu pula yang sudah pesan puluhan polisiti PDI Perjuangan termasuk untuk kendaraan operasional di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Jokowi juga menolak pembelian mobil baru untuk presiden dan anggota Kabinet Trisakti mendatang.

Seperti dilaporkan kompas.com, Mobil kepresidenan berpelat INDONESIA itu tampak diparkir di halaman Kompleks Istana Negara sekitar pukul 08.00 WIB. Mobil keluaran Mercedes-Benz tersebut akan mengantar Preasiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Gedung MPR/DPD/DPR RI untuk menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Mobil ini dikendarai sopir dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kendaraan khusus untuk orang nomor satu di Indonesia ini anti-peluru dan dilengkapi dengan baja yang bisa meredam ledakan kecil. Bendera Indonesia tampak menghiasi bagian depan mobil. Terlihat pula bagian interior mobil yang dilengkapi dengan kotak makanan dan kotak obat-obatan. Mobil yang digunakan Presiden SBY sejak 2010 ini sedianya diganti setiap lima tahun sekali.

Di Istana Negara, mobil ini menarik perhatian wartawan. Para pewarta tampak berfoto di depan mobil tersebut. Begitu pula dengan anggota Paspampres. Sambil bersiap menunggu kedatangan SBY, para anggota Paspampres tampak satu per satu berfoto di depan Mobil Kepresidenan.(helmi/awe)