Angkasa Pura 2

Polisi Mengaku Kesulitan Atasi Kemacetan Pasar Cikupa

Aksi PolisiSelasa, 21 Oktober 2014
Macet Pasar

TANGERANG (beritatrans.com) – Petugas Polresta Tangerang, Banten, mengaku mengalami kendala dalam mengatasi kemacetan di Jalan Raya Serang terutama di depan Pasar Cikupa.

“Pedagang sengaja mengelar usaha di bahu jalan, ketika ditertibkan mereka patuh setelah itu kembali seperti semula,” kata Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Doni Eka Syahputra di Tangerang, Selasa (21/10/2014).

Doni mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat terkait termasuk Dinas Perhubungan Pemkab Tangerang tapi masih belum berhasil mengatasinya.

Bahkan pihaknya bersama Satpol PP setempat setiap pekan mengelar razia penertiban dan mengatur lalu lintas tapi hasilnya belum baik dan arus lalu lintas tetap macet.

“Kalau kami siaga di lokasi, maka kemacetan berkurang karena para pedagang tetap berjualan di bahu jalan,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, untuk mengatasi kemacetan tersebut pihaknya sudah memasang beton pembatas agar kendaraan yang melintas tidak saling serobot dan pejalan kaki tidak menyeberang sembarangan.

Namun kemacetan bertambah parah setelah sejumlah pedagang membangun lapak di dekat pasar itu sehingga pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengatasi masalah itu.

Sedangkan untuk membongkar lapak pedagang di pasar tradisional tersebut adalah kewenangan dari Satpol PP setempat.

Padahal para pengendara sepeda motor dan mobil mengeluh bila melintasi depan Pasar Cikupa yang merupakan jalan kategori nasional tersebut akibat macet.

Sebelumnya, aparat Polda Metro Jaya membantu petugas setempat untuk mengatasi kemacetan parah di sekitar Pasar Cikupa dengan menerjunkan sejumlah petugas ke lokasi.

Dia menambahkan keberadaan bak sampah pasar juga menambah kemacetan karena dekat dengan jalan, maka perlu dipindahkan. (aliy)