Angkasa Pura 2

Memperkuat NKRI

BPSDM Perhubungan Bangun Sekolah di Daerah Terdepan

SDMRabu, 22 Oktober 2014
tommy bali7

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan akan memperkuat sumber daya manusia transportasi menghadapi era pasar bebas ASEAN tahun 2015. NKRI adalah harga mati dan kualitas SDM harus ditingkatkan menjelang era pasar bebas mendatang.

“Strategi tersebut ditempuh dengan mempererat dan merekatkan persatuan dan kesatuan NKRI,” ujar Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo menjawab beritatrans.com menjelang acara talkshow disebuan televisi swasta di Jakarta, Rabu (22/10/2014).

BPSDM Perhubungan akan membangun sekolah-sekolah transportasi di daerah terdepan Indonesia seperti Aceh, Papua, Maluku Utara, Kalimantan Barat dan lainnya. “Jika seluruh daerah terdepan Indonesia dibentengi dengan membangun dan mendidik SDM unggul serta pemahaman yang kuat akan NKRI, ancaman perpecahan bangsa bisa dihindari,” jelas Tommy.

Dengan membangun SDM unggul di bidang transportasi, sekaligus memperkuat daya tahan dan nilai jual bangsa di mata dunia. “Indonesia dengan semua potensi kekayaan alam dan kedaulatan yang ada harus dijaga dan dirawat. Semua itu hanya bisa diwujudkan jika ada SDM yang unggul. Kita akan membangun kampus-kampus di daerah terdepan Indonesia,” tandas Tommy.

Ditambahkan Tommy, BPSDM Perhubungan akan memperbanyak beasiswa untuk pemuda-pemudi berprestasi dari daerah termasuk mereka dari daerah terdepan Indonesia. “Mereka adalah WNI yang mempunyai hak yang sama. Jika SDM mereka dibangun dengan baik, ketahanan dan kekuatan bangsa makin kuat. Termasuk di dalamnya memperuat kualitas SDM sektor transportasi di Tanah Air,” tegas Tommy.

Pakar hukum maritim Chandra Motik mengatakan, untuk membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia serta meningkatkan nilai tambah bangsa, SDM Indonesia harus ditingkatkan. “Termasuk SDM transportasi, karena mereka menjadi garda terdepan di bidang pelayanan ke masyarakat,” kata dia.

“Menghadapi era pasar bebas ASEAN tak ada alasan kecuali meningkatkan kualiats SDM dis emua lini. SDM transprtasi termasuk moda laut harus diperkuat, karena kita negara maritim,” tegas Chandra.(helmi)