Angkasa Pura 2

Sebelum Hilang, Kapal Duta Anugrah Perdana Sempat Ditarik ke Kepulauan Seribu

DermagaRabu, 22 Oktober 2014
Kapal-Tenggelam

JAKARTA (beritatrans.com) – Kapal kargo LCT Duta Anugrah Perdana, yang terbalik dan terapung – apung di perairan Karawang, Jawa Barat, sempat ditarik kapal Teluk Bajau Sentosa.

“Berdasarkan surat laporan dari KSOP Kepulauan Seribu, penarikan kapal dilakukan pada Rabu, 21 Oktober 2014,” ungkap Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit kepada beritatrans.com, Rabu (22/10/2014).

Namun setiba sekitar 7 mil dari Kepulauan Damar, Kepulauan Seribu, tali gandeng terputus sehingga kapal Duta Anugrah Perdana terlepas dari kapal Teluk Bajau Sentosa. “Setelah terlepas, balum lagi ada laporan mengenai kondisi aktual kapal Duta Anugrah Perdana,” ungkap dirjen.

Untuk menyelamatkan kapal tersebut, Bobby R Mamahit mengemukakan sudah dikerahkan dua kapal dari Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal itu; Trisula 111 dan PLP. “Kami juga belum mendapat laporan mengenai nasib ABK,” tuturnya.

15 ABKI HILANG
Sebelumnya diberitakan, sebanyak 15 anak buah kapal dikabarkan hilang di perairan utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, setelah kapal kargo yang mereka tumpangi tenggelam di perairan utara Karawang itu.

Kasat Pol Air Polres Karawang Kompol Mugi Raharjo mengatakan, kapal kargo yang tenggelam itu panjangnya mencapai sekitar 50 meter dan lebar 10 meter. Sedangkan bobot kapal tersebut mencapai puluhan ton.

“Petugas menemukan kapal itu tenggelam di perairan utara Karawang saat sedang mengawal aktivitas Pertamina beberapa hari lalu,” katanya seperti dirilis Antara, Selasa.

Kapal kargo bernama LCT Duta Anugrah Perdana pertama kali sebelumnya ditemukan tenggelam di koordinat 05 42″ 633″ Lintang Selatan dan bergeser pada koordinat 107 19″ 687 ” Lintang Timur, pada Selasa (21/10).

Sesuai dengan foto yang diambil di lokasi, kapal kargo itu ditemukan di sekitar 25 kilometer dari bibir pantai, dalam kondisi terbalik. Petugas menduga, kapal itu tenggelam pertama kali pada Senin (20/10).

“Penyebab pasti kapal kargo tenggelam belum pasti. Tetapi dari laporan di lapangan, kondisi kapal sudah terbalik,” katanya.

Diduga kapal bermuatan barang tersebut membawa sekitar 15 anak buah kapal. Selanjutnya 15 anak buah kapal itu dinyatakan hilang. Untuk mengetahui kondisi anak buah kapal itu, petugas masih melakukan pencarian. (awe).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari