Angkasa Pura 2

Angkut 1 Juta Penumpang, Proyek DDT Jakarta-Bekasi Segera Selesai

EmplasemenKamis, 23 Oktober 2014
DDT Rawa Bebek

JAKARTA (beritatrans.com) – Proyek fisik kereta api (KA) double-double track (DDT) antara Manggarai-Cikarang Bekasi Jawa Barat terus dikebut. Pembebasan lahan yang sempat menghambat sudah selesai dan kini proyek pembangunan track baru tengah dilakukan dan segera selesai dibangun.

Pantauan beritatrans.com di daerah Kota Baru, Bekasi Barat Rabu (22/10/2014), penggalian lahan untuk track baru terus dipercepat. Di lokasi tersebut akan dibangun rel baru, tujuan Jakarta Manggarai-Cikarang Bekasi.

“Di tempat ini akan dibangun track baru. Sedang disampingnya akan dibangun talut untuk menghindari kemungkinan tergerus air saat banjir atau kemungkinan tergenang air saat musim hujan tiba,” kata Rahmat seorang pekerja proyek.

Kawasan Rawa Bebek, Kota Baru Bekasi, tak jauh dari Stasiun Cakung Jakarta Timur adalah daerah rawan banjir atau genangan air bah saat musim hujan. Kompleks Perumahan Harapan Baru Regency, adalah daerah yang rawan genangan banjir saat musim hujan. Jika cuaca ekstrim, perumahan di dekat bantara rel itu bia berhari-hari tergenang banjir.

Sebelumnya, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengatakan, pembangunan proyek DDT Manggarai-Cikarang akan selesai dibangun sebelum akhir tahun 2014. “Proyek itu sudah sampai bangunan fisik dan kini terus dipercepat. Sebelum akhir tahun, targetnya sudah selesai dibangun track DDT itu,” katanya menjawab beritatrans.com.

Jika proyek DDT Jakarta-Bekasi sudah selesai maka kapasitas dan daya angkut KA khususnya KRL bisa ditingkatkan lagi. “Data PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) setiap hari rata-rata mengangkut 550 ribu sampai 650 ribu oranag per hari. Jika proyek DDT sudah jadi, diharapkan bisa mengangkut sampai 1 juta penumpang per hari bahkan lebih,” tegas Hermanto.(helmi).

loading...