Angkasa Pura 2

Jonan: KAI Luncurkan Armada KA Jayabaya “Baru”

EmplasemenKamis, 23 Oktober 2014
KA jayabat, jonan

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengatakan, pihaknya meluncurkan rangkaian armada KA Jayabaya “baru” di Indonesia. KA Jayabaya ini merupakan rangkaian pertama dari 160 armada baru yang diluncurkan perseroan. Penambahan KA baru tersebut dimaksudkan untuk meningkatan pelayanan serta menambah kapasitas yang ada sekarang.

Rencananya, pada 2014-2020 PT Kereta Api meluncurkan rangkaian kereta jarak menengah dan jarak jauh secara bertahap. “Jayabaya kelas ekonomi adalah reinkarnasi kereta Jayabaya kelas bisnis yang pernah hadir 1989-2006,” kata Jonan di Stasiun Pasar Senen Jakarta, kemarin.

Tampilan seluruh kereta api jarak menengah dan jarak jauh pun dibuat mirip dengan desain Kereta Jayabaya. Gerbong kereta ini dicat dengan warna putih abu-abu dengan aksen garis biru dan jingga di sepanjang gerbong.

Fasilitasnya lebih baik dibandingkan dengan armada yang ada sebelumnya. Jonan mengatakan fasilitas yang disediakan akan menyerupai kereta eksekutif. Kereta Jayabaya memiliki pendingin ruangan, toilet duduk, dan colokan listrik di setiap kursi. Perbedaan kelas ekonomi dengan kelas lain terletak pada jenis kursi dan daya angkut atau kapasitas masing-masing gerbong.

Kereta Jayabaya kelas ekonomi tidak diberi subsidi atau tanpa public service obligation (PSO). Karena itu, harga tiketnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. PT Kereta Api mematok tarif batas atas Rp 400.000 dan batas bawah Rp 190.000. (helmi/awe)

loading...