Angkasa Pura 2

YLKI: Kemenhub Harus Bisa Benahi Angkutan Umum Massal

KoridorSelasa, 28 Oktober 2014
angkutan umum massal

JAKARTA (beritatrans.com) – Harapan besar masyarakat tertumpu pada Kabinet Kerja Jokowi-JK. Anggota kabinetnya diminta segera bekerja membereskan pelayanan umum ke masyarakat termasuk di sektor transportasi.

Menhub Ignasius Jonan dan kementerian yang dipiminnya  harus mampu membenahi sektor transportasi umum nasional. “Kalau dia (Jonan) mampu membenahi KAI, hal yang sama seharusnya juga bisa dilakukan pada moda transportasi yang lain,” kata Ketua YLKI Tulus Abadi menjawab beritatrans.com di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Kemenhub  harus mampu melakukan pembenahan sarana tansportasi publik di kota-kota besar di Indonesia yang sudah mati suri. Saat ini, hampir di semua kota besar di Indonesia terjadi kemacetan parah. Tapi angkutan umum massal juga tidak ada.
Pemerintah melalui Kemenhub harus bisa membangun angkutan umum massal  terutama di kota-kota besar di Tanah Air.

“Bangun segera transportasi massal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lainnya,” kata Tulus lagi.

Seperti diketahui, angkutan umum di kota-kota besar makin berkurang dan pelayanan semakin minim. “Pada waktu bersamaan jalanan macet karena banyak warga menggunakan kendaraan pribadi,” tandas Tulus lagi.

“Untuk mengurai kemacetan di Jakarta dan kota besar lainnya harus membangun angkutan umum yang baik. Jika dibiarkan, tanpa campur tangan pemerintah makin kacau, tapi jalanan kian macet,” tegas Tulus.(helmi)