Angkasa Pura 2

Mantan Menhub Jusman Gantikan Rachmat Jadi Bos Gobel

FigurRabu, 29 Oktober 2014
Indonesia Jetliner Crash

JAKARTA (beritatrans.com) – Setelah diangkat menjadi Menteri Perdagangan pada Kabinet Kerja, Rachmat Gobel mengumumkan mantan Menteri Perhubungan Jusman Sjafei Djamal akan menggantikannya memimpin perusahaan PT Gobel Internasional.

“Pak Jusman akan menggantikan saya di PT Gobel Internasional,” katanya pada pertemuan dengan keluarga, kolega, dan sahabat di Jakarta,  kemarin.

Gobel Internasional adalah induk perusahaan kelompok usaha Gobel yang bergerak di berbagai bidang, termasuk PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), distributor utama barang elektronik Panasonic.

Selama ini Rachmat menjadi Presiden Direktur PT Gobel Indonesia. Di hadapan kolega yang berkebangsaan Jepang, Rachmat juga mengumumkan adiknya, Abdullah Gobel, menjadi Preskom PGI dan PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) menggantikan dia.

Jusman Syafii Djamal (lahir di Langsa, Aceh, 18 Juli 1954) pernah menjabat sebagai Komisaris Utama Telkom, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak 2007 hingga  22 Oktober 2009.

Tahun 1996-1998 ia dipercaya menjadi Direktur Sistem Senjata Sistem Hankam & Helikopter (HDS3). Kemudian diminta oleh Ir. Hari Laksono, Direktur Utama IPTN untuk menjadi Direktur Sumber Daya Manusia selama setahun lima bulan, bersamaan dengan pemberian tugas oleh Meneg BUMN (Tanri Abeng) untuk menjadi Ketua Tim Implementasi Restrukturisasi PT IPTN.

Pada September 2000, ia diangkat oleh Presiden Abdurachman Wachid menjadi Direktur Utama Dirgantara Indonesia hingga2002. Ia pensiun dini dari PT Dirgantara Indonesia pada tahun 2003.

Tahun 2005, Jusman menjadi Chairman Matsushita Gobel Foundation. Yayasan nirlaba didirikan Konosuke Matshushita founding father Panasonic dan Thayeb Mohamad Gobel, founding father National Gobel. (ant).