Angkasa Pura 2

Sukhoi RI Paksa Mendarat Pesawat Singapura di Pontianak

KokpitRabu, 29 Oktober 2014
Sukhoi TNI

PONTIANAK (beritatrans.com) – Pesawat tempur TNI AU jenis Sukhoi dari Lanud Batam sekitar pukul 13.30 WIB, Selasa (28/10/2014) memaksa pendaratan pesawat Cessna milik Singapura. Pesawat tersebut masuk wilayah NKRI tanpa izin sehingga dipaksa mendarat di Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

“Pesawat Cessna itu, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumennya baru diketahui merupakan pesawat latih milik Singapura dengan nama-nama krunya, yakni Tan Chin Kian capt, Singapura 13 Oktober 1950, Xiang Bohong Trainee Chinese 07 Mei 1989, dan Zheng Chen Trainee Chinese 01 Maret 1990,” kata Komandan Lanud Supadio Pontianak Kolonel (Penerbang) Tedi Rizalihadi seperti dikutip antaranews.

Humas Lanud Supadio Pontianak Mayor (Penerbangan) Dwi Indro di Pontianak menambahkan saat ini izin penerbangan pesawat itu sedang diurus di pusat.

“Untuk sementara ini, ketiga kru pesawat itu menginap di sebuah hotel di Pontianak dan kemungkinan besok sudah bisa melanjutkan perjalanannya ke Singapura,” kata Dwi.

Sebelumnya, TNI-AU Supadio Pontianak, memeriksa pilot, copilot dan seorang penumpang yang diduga menggunakan atribut militer dari Sibu (Sarawak, Malaysia) tujuan Singapura yang masuk wilayah NKRI tanpa izin. Komandan Pangkalan Udara Supadio Pontianak Kolonel (Penerbang) Tedi Rizalihadi menyatakan pesawat tersebut tertangkap oleh radar masuk wilayah Indonesia sekitar pukul 11.00 WIB.

“Kemudian kami mendapat informasi dari Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), yang menyatakan ada pesawat asing melintas di wilayah NKRI dari rute Sibu (Sarawak, Malaysia) menuju Singapura,” ungkap dia.(helmi/awe)