Angkasa Pura 2

Menteri Kelautan dan Perikanan, Pengusaha yang Mulai dari Nol

Kelautan & PerikananMinggu, 2 November 2014

JAKARTA (beritatrans.com) – Nama Susi Pudjiastuti mendadak tenar menjelang pengumuman susunan Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Dia ditunjuk menjadi Menteri Keluatan dan Perikanan menggantikan pejabat lama, Cicip Sharif Sutardjo.

Meski Susi Pudjiastuti dikenal sebagai pelaku industri penerbangan dan pemilik maskapai Susi Air. Tapi, Susi bukanlah orang baru di bidang industri perikanan dan kelautan. Justru usaha tersebut yang berhasil melambungkan nama dia ke pentas bisnis yang sebenarnya.

“Dia sosok wanita pengusaha yang sukses di bidang perikanan. Saya berharap, dengan pengalaman dan pengetahuan yang dia miliki bisa mengembangkan usaha kelautan dan perikanan di Tanah Air,” kata Presiden Jokowi saat mengumumkan susunan Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Susi adalah sosok pengusaha sukses. Dia mengawali usuahnya di bidang budidaya perikanan yang berbasis di Pangandaran, Jawa Barat. Usaha itu dimulai dari dasar, bahkan dia sempat menjual ikan langsung ke konsumen di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) daerah setempat.

Menurut Presiden, Susi adalah wirausaha mulai dari nol, berhasil di bisnis jasa perhubungan yang terintegrasi dengan kemaritiman, mulai usaha jual ikan. Ia mengawali profesinya sebagai pengepul ikan di Pangandaran.

Susi adalah Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang bergerak dalam bidang ekspor hasil-hasil perikanan dan Susi Air. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965.

Saat ini, ia memipin PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Salah satu produk andalannya adalah lobster yang diberi merek Susi Brand. Perusahaan ini kiprahnya sudah luas, bukan hanya di pentas nasional tapi juga merambah ke pasar ekspor eneka produk perikanan.

Susi bertemu dengan suaminya, Christian von Strombeck, seorang warga Jerman yang lama bekerja sebagai mekanik pesawat dan pilot di Indonesia. Dari situ, Susi kemudian mendirikan Susi Air.

Kepada pers, Susi mengakui dia bukanlah sosok wanita yang berpendidikan tinggi. Tapi dia praktisi yang cukup gigih dan ulet, sehingga mampu eksis menjalankan usaha seperti sekarang. “Dengan bekal pengalaman dan kerja keras itu, saya akan sumbangkan kepada bangsa dan negara,” kata dia. (helmi/awe)

loading...