Angkasa Pura 2

5 Pesawat Garuda & Lion Terlambat Terbang dari Bandara Syamsudin Noor Akibat Kabut Asap

BandaraSelasa, 4 November 2014
bandarasyamsudinnoor

PALEMBANG (beritatrans.com) _ Kabut asap cukup tebal menyelimuti Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Akibat kabut, lima penerbangan terpaksa ditunda. “Ada lima penerbangan yang ditunda sekira 30 menit hingga satu jam dari jadwal,” ujar Airport Service Section Head PT Angkasa Pura I Heru Widiatmo di Banjarbaru, Selasa (4/11/2014).

Lima penerbangan itu adalah dua pesawat Lion Air tujuan Yogyakarta dan Surabaya, kemudian tiga penerbangan Garuda menuju Kota Balikpapan, Surabaya, dan Jakarta.

Sedangkan dua penerbangan lainnya yakni Lion Air dan Garuda tujuan Jakarta, bisa berangkat pukul 06.00 Wita karena saat itu kabut asap belum tebal.

“Dua penerbangan pertama masih bisa berangkat tetapi pukul 06.45 Wita kabut asap tebal menyelimuti landasan pacu sehingga lima penerbangan ditunda,” ucapnya seperti dirilis okezone.com.

Menurut dia, jarak pandang atau feasibility di sepanjang landasan pacu pada pukul 06.00 Wita masih normal di atas 800 meter, tetapi setengah jam kemudian semakin pendek.

“Jarak pandang pukul 06.45 Wita tertutup kabut asap, sehingga berada di bawah 300 meter dan pilot tidak berani terbang hingga penerbangan ditunda menunggu normal,” ujarnya.

Gangguan penerbangan akibat kabut asap hari ini baru terjadi setelah hampir satu bulan lalu tidak terjadi penundaan penerbangan karena tidak adanya kabut asap.

“Hampir satu bulan yang lalu, penerbangan normal karena tidak ada kabut asap di kawasan bandara, tetapi sekarang kabutnya muncul lagi dan mengganggu penerbangan,” katanya.

Sementara itu, munculnya kabut asap kawasan bandara terutama pagi hari akibat terbakarnya semak dan lahan cukup luas di Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru. Kebakaran lahan yang terjadi sejak Minggu 2 November. Alhasil, asap tebal baru menyelimuti hampir seluruh Banjarbaru pada Senin dan Selasa. (ani).

 

 

 

loading...