Angkasa Pura 2

Angkutan Umum Bagus

Lalu Lintas Jalan Raya Kota Batam Lancar dan Tertib

KoridorRabu, 5 November 2014
Jalanan Batam

BATAM (beritatrans.com) – Transportasi Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) tetap mengandalkan angkutan darat, terutama menuju bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batam Center, Sekupang dan kawasan niaga dan industri di pulau itu. Batam dikenal sebagai kota industri, pariwisata dan perdagangan.

“Tapi, transportsi darat di Batam lebih rapi, mengutamakan angkutan umum. Paling tidak angkutan kota di Batam menggnakan mobil elf atau justru bus ukuran besar,” tutur Baskoro, pemandu wisata dari Golden Tour menjawab beritatrans.com di Batam, kemarin.

Sebagai kota indsustri dan wisata khususnya belanja, Batam relatif tertib. Hampir tidak ada warga Batam yang menganggur. Warga masyarakat jua lebih banyak menggunakan transportasi umum di dalam kota. Jarang sekali ditemukan orang-orang nongkrong di Batam pada siang hari kerja,” jelas Baskoro.

Batam dengan penduduk sekitar 900 ribu orang. Mata pencaharian utama warganya adalah pekerja industri, pedagang serta sebagian pegawai pemerintah dan swasta. “Warga Batam sangat heterogen. Ada dari Jawa, Sunda, Padang, Batak bahkan Makassar atau Bugis. Mereka itu datang ke Batam untuk bekerja dan mencari nafkah. Jadi, sangat kecil yang pengangguran,” papar Baskoro.

Lalu lintas di Kota Batam relatif lancar dan tertib. Sepanjang perjalanan di kota Batam pada siang hari sepi. “Saat itu, semua warga Batam kerja di kantor masing-masing. Hanya orang yang mempunyai kepentingan sangat penting keluar kantor sehingga jalanan relatif sepi,” terang pria asal Malang itu.

Hampir sepanjang hari Batam tak pernah kedengaran bunyi kalkson atau kemacetan parah di jalanan utama Batam. “Setiap hari orang sibuk kerja dan jalanan lebih ramai pada pagi atau sore hari. Selain itu, angkutan kota (angkot) di Batam minimal menggunaan Izuzu Elf. Mobil kecil seperti APV atau Carry tak diizinkan beroperasi di Kota Batam,” urai Bastian, karyawan Golden Tour menambahkan.

“Pada siang hari, perjalana di Kota Batam bisa ditempuh dalam wwaktu rata-rata 20 menit. Itu sudah perjalanan dari ujung selatan ke utara pulau Batam. Waktu tempuh kendaraan darat yang cepat di Batam ditunjang kondisi jalan yang bagus, pengguna jalan yang tertib lalu lintas. Penduduknya aktif bekerja dan tidak keluar kantor kecuali sangat perlu,” tandas Bastian.(helmi)

loading...