Angkasa Pura 2

Pelabuhan Singapura Penyumpang Devisa Terbesar Negara

DermagaRabu, 5 November 2014
PSA singapura

SINGAPURA (beritatrans.com) – Port of Singapore Authority (PSA) menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negara Singapura. Urutan devisa kedua terbesar berasal dari industri pengolahan minyak dan gas (migas). Singapura memasok kebutuhan konsumsi kapal dan pesawat terbang di Negara Pulau itu selain mengekspor produk BBM ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Demikian disampaikan tour guide Wang Shui Chang saat memandu FIF Press Tour 2014 di Singapura, Rabu (5/11/2014). Menurutnya, urutan ketiga penyumbang devisa Singapura adalah industri jasa dan pariwisata. “PSA dibangun tahun 1972. Kini PSA mempunyai enam pelabuhan petikemas yang beroperasi 24 jam sehari,” kata wanita yang biasa disapa Feun itu.

Jasa pelayaran dan perdagangan laut menjadi penopang utama pendapatan warga dan negara Singapura. Hampir setiap 20 menit sekali, ada kapal masuk atau meninggalakan dermaga PSA. “Mereka itulah yang memicu pergerakan ekonomi dan pendapatan utama negara Singa ini,” jelas Feun lagi.

Saat ini, Singapura menjadi negara transit penerbangan dan pelayaran terbesar di dunia khususnya untuk kawasan Asia Pasific. Hampir semua petikemas di dunia didistribusikan melalui Singapura. Demikian juga arus widatawan dunia, khususnya dari Eropa dan Amerika tujuan Asia atau Australia termasuk Indonesia transit di Singapura.

Feun Singapura

“Menyadari posisi sebagai negara transit tersebut, kebijakan negara Singapura lebih mengutamakan pelayaran kepada tamu, pedagang atau investor yang datang. Mereka harus dijamu dan dilayani dengan baik, sehingga betah tinggal dan membelanjakan uangnya di Singapura,” papar Feun yang mahir berbahasa Indonesia itu pula.

Menurut wanita keturunan Tionghoa itu, bahasa sehari-hari sedikitnya ada empat bahasa yang diajarkan di sekolah di Singapura. Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil. Mereka itulah penduduk paling dominan di negara Singapura sekarang.

“Tapi untuk bahasa resmi administrasi negara menggunakan bahasa Inggris. Sejak SD anak-anak di Singapura diwajibkan belajar bahasa Inggris. Jadi, tak aneh jika banyak sekali bahasa di Singapura. Bahasa Inggris yang paling utama,” tegas Feun.(helmi)

loading...