Angkasa Pura 2

Bangun Pusat Perawatan

Yurlis Hasibuan: Maskapai Lion Air Pesan Lulusan STPI Curug

SDMJumat, 7 November 2014
yurlis dan taruna

JAKARTA (beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) menjalin kerja sama dengan maskapai Lion Air dalam pengadaan sumber daya manusia (SDM) khususnya teknisi pesawat. Kerja sama ini merupakan realisasi dari program link and match yang bagus antara dunia pendidikan khususnya STPI dengan dunia kerja.

“Lion Air akan mengambil lulusan STPI jurusan teknisi penerbangan. Maskapai itu akan membangun pusat perawatan atau maintenance pesawat di Batam, kepulauan Riau (Kepri),” ujar Ketua STPI Yurlis Hasibuan saat dikonfirmasi beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, semua lulusan STPI Curug, Tangerang, Banten seluruhnya terserap dunia kerja. Kebutuhan akan lulusan yang berkualitas baik penerbangan, teknisi pesawat terbang serta ATC.

“Semua lulusan STPI langsung bekerja di berbagai instansi. Hampir tidak ada lulusan kami yang tidak terserap dunia kerja. Bahkan, sebelum lulus mereka sudah dipesan. Salah satunya oleh Lion Air ini,” jelas Yurlis.

Sejalan dengan bertambahnya industri penerbangan nasional serta pesawat terbang yang beroperasi di Tanah Air, kebutuhan akan jasa perawatan pesawat meningkat. “Semua itu butuh SDM yang unggul terutama teknisi pesawat terbang di Indonesia,” papar Yurlis.

Oleh karena itu, tambah dia, STPI terus meningkatkan kualitas setiap lulusannya. Mereka harus terus meningkatkan kemampuan sesuai dinamika yang berkembang di masyarakat. “Mereka harus profesional, terus meng-up date diri sehingga siap bersaing di pasar global,” terang Yurlis.

“Tahun 2015 mendatang, akan dibuka pasar bebas ASEAN atau MEA. Seluruh lulusan STPI harus siap menghadapi semua itu dan mereka memang dipersiapkan untuk masuk ke pasar global” tegas mantan Direktur DSKU itu.(helmi)

loading...