Angkasa Pura 2

Capt Sajim, Tokoh Dibalik Sukses Gita Sapta Bahari

SDMSabtu, 8 November 2014
Sajin n Mayoret Gita

JAKARTA (beritarans.com) – Drum Band Gita Sapta Bahari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta terus melejit ke pentas nasional. Grup drum band STIP itu sudah 18 kali tampil di berbagai acara di Jakarta bahkan acara kenegaraan yaitu Pesta Rakyat pada Pelantikan Presiden dan Wapres Joko Widodo-Jusuf Kalla bulan lalu.

Tapi, tidak semua orang tahu siapa aktor dibalik penampilan Drum Band Gita Sapta Bahari yang menggelegar dan membahana itu. Dialah Capt.Sajim Budi Setiawan, MM. Kepala Unit Oleh Raga dan Seni STIP Jakarta. Dia yang mengatur dan membina mereka sejak awal taruna tingkat I STIP. Selain itu Sajim juga dibantu para pembina taruna dan pelatih ahli di bidang masing-masing.

“Mereka kami bina dan didik sejak awal. Dari belum kenal alat musik drum band sampai bisa tampil menarik begini,” kata Sajim pada beritatrans.com disela-sela penampilan Gita Sapta Bahari menyambut kunjungan Menteri Pertahanan Jend (Purn) Ryamizard Ryacudu ke acara pameran Indodefence 2014 di Jakara Internatonal Expo (Jiex) Kemayoran Jakarta, Sabtu (8/11/2014).

STIP mempunyai berbagai klub seni dan olah raga. Selain Drum Band Gita Sapta Bahari, ada perkumpulan band, olah raga senam, selam, senam senjata, pedang pora dan lainnya. Selain itu, juga ada tim Bole Volley, sepak bola, Futsal bahkan klub atletik. Termasuk olah raga bela diri seperti karate, silat, tae kwondo dan lainnya.

“Pembinaan olah raga dan seni merupakan bagian dari kurikulum pendidikan di STIP. Setiap taruna wajib mengikuti salah satu kegiatan ekstra kurikuler, baik olah raga, seni atau kelompok interes lainnya,” kata Sajim yang putra asli Betawi itu.

Drum Band Gita Sapta Bahari, latihan rutin dua kali sepekan setiap Selasa dan Kamis. Waktunya jam 15.30, setelah proses belajar mengajar di kelas selesai. “Mereka rutin latihan dengan full tema, 180 orang. Jika akan tampil di acara tertentu, akan disiapkan lebih serius. Termasuk merancang penampilan dan atraksi yang menjadi andalan grup Drum Band STIP itu,” terang nakhoda yang sudah keliling dunia tersebut.

sajim STIP

“Setiap hari ada kegiatan ekstra kurikuler bagi taruna STIP. Mereka di dalam kampus selalu diberikan kegiatan utama yaitu belajar. Namun mereka harus tetap harus olahraga menyalurkan ekspresi jiwa seninya secara optimal. Jadi tak ada waktu sia-sia, apalagi menjurus ke hal-hal yang negatif,” papar alumni AMA Jaya, Kepala Gading Jakarta Utara tersebut.

Kurikulum pendidikan di STIP, taruna diberikan materi pendidikan yang lengkap, untuk pengembangan kemampuan dan wawasan kelimuan, serta pengembangan bakat dan kemampaun fisiknya. Pengembangan bakat itu bisa melalui berbagai cabang seni, olah raga atau sarana penyaluran hobby lainnya

“Kami berharap pengembangan kemampuan dan wawasan intelektual taruna bisa lebih luas, berimbang sekaligus mampu memberikan media yang cukup bagi pengembangan bakat dan kemampuan mereka masing-masing,” tukas Sajim.

Prestasi taruna STIP bisa dibilang cukup membanggakan. Banyak atlet ternama dari berbagai cabang olah raga berasal dari taruna STIP. “Dalam Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) tahun lalu, Tim Bola Volley STIP meraih medali emas. Tim Futsal STIP meraih medali perak dan masih banyak lagi,” urai Sajim.

“Satu kendala pembinaan seni dan olah raga di STIP, karena taruna tingkat III sudah harus berlayar. Implikasinya, harus mendidik taruna baru dan itu tidak mudah. Itulah salah stau kendala, kita sering kalam di beberapa cabang olah raga dari IPDN. Tapi prinsipnya, kita siap mengukir prestasi dan menjadi yang terbaik,” tegas Sajim.(helmi).