Angkasa Pura 2

Kemenhub Optimis Penumpang Udara Tembus 100 Juta

BandaraKamis, 13 November 2014
Bandara-Soekarno-Hatta

JAKARTA (beritatrans.com) – Penumpang udara nasional tahun 2014 diprediksi menembus angka 100 juta orang. Jumlah itu cukup rasional karena jumlah penumpang tahun 2013 silam sudah mencapai 85 juta orang setahun.

“Kalau melihat trend akhirnya tahun ini, kami optimis mencapai angka 100 juta orang penumpang baik penumpang domestik dan international. Sampai akhir tahun 2014 pasti bertambah. Wisatawan di akhir tahun selalu tinggi,” ujar Plt Diektur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Moerjatmodjo menjawab beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

“Angka pastinya berapa kita belum pegang data. Dalam sebulan mendatang pasti ada penambahan yang signifikan. Bulan Desember selalu tinggi, karena memasuki masa luburan. Di dalam negeri ada momentum Natal dan Tahun Baru 2015,” papar Djoko.

Beberapa bandara yang paling tinggi jumlah penumpangnya adalah Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bandara Djuanda Surabaya, Bandara Hassanudin Makassar, dan Bandara Kualanamu Sumatera Utara.

“Kalau yang terbesar tetap Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali,” kata Djoko yang kini menjawab Sekditjen Perhubungan Udara itu.

Selain itu, tutur dia, fasilitas dan infrastruktur bandara di Tanah Air juga semakin baik. Tingkat kepuasan pelanggan baik penumpang atau pihak maskapai yang masuk ke Indonesia juga semakin baik.

“Fasilitas bandara dan pelayanan ke pengguna jasa terus ditingkatkan. Target kita bagaimana kepuasan pelanggan makin baik. On time performance (OTP) tinggi dan arus wisatawan makin besar ke Indonesia,” tegas Djoko.(helmi)