Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan akan Memperbanyak Prodi Kepelabuhanan

SDMSabtu, 15 November 2014
Tommy API

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan akan membuka lebih banyak lagi program studi (prodi) kepelabuhanan di bebeapa sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan. Kebijakan itu untuk mengantisipasi kebutuhan SDM profesional sektor kepelabuhanan di masa mendatang.

“Pemerintah akan membangun 24 pelabuhan di Tanah Air. Proyek itu sekaligus untuk mendukung program tol laut yang digagas Pemerintahan Jokowi-JK. Realisasinya dalam bentuk pelayaran kapal niaga berjadwal di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo menjawb beritatrans.com di Jakarta, Jum’at (14/11/2014).

Menurutnya, saat ini prodi kepelabuhanan baru ada di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Sedang sekolah-sekolah BPSDM Perhubungan yang lain belum ada. Prodi yang ada di lingkungan BPSDM Perhubungan untuk moda laut kebanyakan adalah untuk tenaga pelaut dan teknisi kapal.

“Nanti kita akan membuka prodi kepelabuhanna yang lebih banyak lagi. Sebelum pelabuhan itu dibangun dan dioperasikan, maka kebutuhan SDM yang terampil di bidang kepelabuhanan harus disiapkan lebih dulu,” jelas Tommy.

stip jakarta

Ke depan, menurut dia, selain tenaga profesional, seluruh SDM Indonesia juga harus ditambah dengan sertifikasi yang jelas dan diakui. “Kebutuhan SDM ke depan harus profesional, punya keahlian khusus dan ditambah mempunyai sertifikasi yang jelas. Bidang keahlian apa yang dimiliki dengan sertifikasi yang jelas,” tandas mantan Staf Ahli Menhub itu.

Oleh karena itu, tambah dia, khusus bagi pemerintah sebagai regulator selain membutuhkan tenaga dosen dan instruktur yang handal juga harus mempunyai tenaga ahli bidang pengujian SDM terkait baik bagi pelaut, teknisi kapal atau tenaga kepelabuhanan.

“Semua harus ada dan disipkan sejak sekarang. Saatnya nanti tenaga mereka dibutuhkan sudah siap sehingga menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN9 (MEA) kita tidak kelimpungan,” tegas Tommy.(helmi)

loading...