Angkasa Pura 2

Pemerintah Dikabarkan Umumkan Kenaikan Harga BBM Malam Ini

KoridorSenin, 17 November 2014
STOK BBM JATENG

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah dikabarkan akan mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) malam ini. Kabar rencana pengumuman tersebut terkait dengan Rapat Kabinet Paripurna yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang tadi, Senin (17/11/2014), sepulang dia lawatan dari beberapa negara. Namun demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih belum bisa memastikan kabar tersebut.

“Tadi siang memang salah satu agenda Rapat Kabinet adalah membahas soal rencana kenaikan harga BBM. Tapi kami belum bisa memastikan kapan rencana pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM tersebut,” kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM Saleh Abdurrahman kepada beritatrans.com di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Meskipun demikian Saleh Abdurrahman tidak menampik bahwa pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga BBM malam ini. “Iya bisa saja (diumumkan malam ini, red). Mari kita sama-sama melihat dan mencermati perkembangannya,” kata Saleh Abdurrahman.

Seperti diketahui, Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya memberi sinyal bahwa Presiden Jokowi akan mengumumkan kenaikan harga BBM setelah kembali dari lawatannya ke luar negeri. Jokowi mengunjungi China, Myanmar, dan Australia, untuk melakukan Konferensi Tingkat Tinggi APEC, ASEAN, dan G-20, secara beruntun selama sembilan hari.

Sinyal pengumuman kenaikan harga BBM semakin menguat ketika Rapat Kabinet yang dihadiri oleh semua menteri Kabinet Kerja, termasuk Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Sutarman, dan Kepala BIN Marciano Norman tadi siang membahas juga soal BBM.

“(Agenda Rapat Kabinet, red) Pertama, berkaitan dengan rencana besar pembangunan infrastruktur. Kedua, hal yang berkaitan dengan subsidi BBM. Ketiga, pembangunan nasional one stop service. Lalu evaluasi dari Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat. Dan persiapan Asean Games,” kata Presiden Jokowi.

Bahkan Kementerian Perhubungan, sebagai salah satu kementerian yang bersinggungan dengan persoalan BBM sudah berancang-ancang untuk memberikan keterangan pers terkait rencana pemerintah tersebut, besok pagi, Selasa (18/11/2014).

“Bila malam ini pemerintah jadi mengumumkan kenaikan harga BBM, Selasa besok sekitar pukul 09.00 WIB Menteri Perhubungan akan menggelar keterangan pers,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata kepada beritatrans.com. (aliy)

loading...