Angkasa Pura 2

Bambang: Tarif Penerbangan Nasional Tak Naik

KokpitSelasa, 18 November 2014
pesawat Garuda

JAKARTA (beritatrans.com) – Plt Dirjen Perhubungan Udara Bambang Tjahjono mengatakan, tarif angkutan udara nasional tidak naik meski harga BBM subsidi naik sampai 36%. Avtur atau BBM untuk pesawat terbang tidak naik karena tidak ada subsidi.

“Sebaliknya, tarif batas bawah penerbangan kelas ekonomi kembali dinaikkan. Kalau sebelumnya 50% nanti akan menjadi 30% saja,” katanya menjawab pers di Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Dengan kata lain, tarif batas bawah penerbangan menjadi lebih rendah. Harga yang dibeli masyarakat pun lebih murah.

Dikatakan, misalnya tarif satu rute penerbangan yang normal itu Rp1 juta per orang, tarif batas bawahnya Rp500 ribu. Ke depan bisa menjadi Rp300 ribu saja.

“Dengan catatan, maskapai penerbangan tidak boleh mengabaikan keselamatan. Itu tak bisa diganggu gugat,” kata Bambang lagi.

Jadi, dengan kebijakan baru nanti akan lebih meringankan beban konsumen. “Mereka bisa mendapatkan tiket pesawat terbang dengan harga lebih murah lagi,” jelas Bambang.

Selama ini, tambah Bambang, INACA hanya mengusulkan kenaikan tarif batas atas. Sedang tarif batas bawah dibiarkan. “Buktinya, mereka survive. Artinya memang masih untung dan tetap bertahan,” tegas Direktur Bandara Kemenhub itu.(helmi)

loading...