Angkasa Pura 2

Kenaikan Harga BBM Momentum Benahi Transportasi Umum

KoridorSelasa, 18 November 2014
djoko-unika

JAKARTA (beritatrans.com) – Kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi merupakan titik awal untuk membangun transportasi umum di Tanah Air. Transportasi umum semua moda dalam kondisi memprihatinkan.

“Kini momentum tepat bagi Presiden Joko Widodo untuk membenahi transportasi umum. Sebanyak 97% BBM subsidi dikuras sektor transportasi darat. Mereka itu adalah kendaraan pribadi 93%, angkuta umum hanya 3%,” ujar pakar Transortasi Unika Soegijapranoto Djoko Setijowarno pada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Menurutnya, setidaknya target 5 tahun ke depan semua transportasi umum sudah berbadan hukum. Saat ini sedikitnya mereka sudah ada 11 kota metropolitan, 15 kota besar, 60 kota sedang & belasae Kawasan Aglomerasi.

Dikatakan, jika transportasi umum baik dan tarif lebih murah daripada menggunakan sepeda motor akan mampu menarik minat beralih. Transportasi umum berbadan hukum akan mudah dikontrol dan mendapat insentif dari pemerintah.

“Tapi kebijakan itu perlu disertai dengan melakukan beragam disinsentif bagi kendaraan pribadi, seperti tidak dapat BBM subsidi, tarif parkir tinggi dan lainnya,” tandas Djoko.

Selama 10 tahun masa pemerintahan SBY lalu, tambah Djoko terlalu memanjakan kendaraan pribadi. Sebaliknya justru dengan mengucilkan pelayanan angkutan umum. “Akibatnya banyak kota-kota di Indonesia sudah tidak memiliki layanan transportasi umum alias sudah punah,” tegas Djoko.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari