Angkasa Pura 2

Tarif Angkutan Umum Naik Hingga 10% Mulai Besok

KoridorSelasa, 18 November 2014
IMG_00000706_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berlaku hari ini, Selasa (18/11/2014), Kementerian Perhubungan segara akan menaikan tarif angkutan darat, khususnya tarif bus ekonomi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga 10%. Tarif baru itu mulai berlaku Rabu (19/11/2014) pukul 00:00 WIB.

“Penyesuaian tarif sebesar itu sudah memperhatikan aspek kelangsungan usaha industri angkutan dan kemampuan daya beli masyarakat,” kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Untuk angkutan ekonomi antar kota dalam provinsi dan angkutan kota, Kementerian Perhubungan segera melayangkan surat kepada gubernur, bupati, dan walikota untuk segera menyesuaikan tarif maksimal 10%.

“Sehingga masyarakat segera mendapat kepastian tentang kenaikan tarif angkutan umum,” kata Jonan yang didampingi oleh Penjabat Dirjen Perhubungan Darat Sugiharjo, Dirjen Perhubungan Laut Capt Bobby R Mamahit, Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, dan Plt Dirjen Perhubungan Udara Bambang Tjahjono.

Sugiharjo mengatakan, penyesuaian tarif sebesar 10% tersebut sudah juga mempertimbangkan penetapan tarif batas bawah dan tarif batas atas bus AKAP kelas ekonomi.

“Fakta di lapangan, saat ini tarif batas atas hanya diberlakukan pada saat-saat tertentu saja seperti pada musim liburan sekolah atau hari raya,” kata Sugiharjo.

Pada kesempatan itu, Sugiharjo juga mengatakan bahwa tarif penyeberangan mulai akan diberlakukan pada Jumat (21/11/2014) tepat pukul 00:00 WIB.

“Besaran kenaikannya sama dengan angkutan darat yaitu maksimal 10%,” katanya. (aliy)

loading...