Angkasa Pura 2

Pesawat Capung Hantam Rumah di Chicago, Pilot Tewas

KokpitRabu, 19 November 2014
sumber: nydailynews.com

CHICAGO (beritatrans) – Sebuah pesawat capung kargo (Small Cargo Plane) bermesin tunggal, Selasa (17/11/14) dini hari lalu ‘nyungsep’ di salah satu rumah warga dekat Midway, Chicago, A.S. Sang pilot, satu-satunya di dalam pesawat, tewas seketika.

Dilansir oleh abc.com, dalam sebuah penyataan juru bicara administrasi penerbangan federal (FAA) Elizabeth Cory menjelaskan, pesawat Jet Kargo Aero Commander 500 tengah dalam perjalanannya menuju Ohio State University di Columbus, Ohio dari Bandara Internasional Midway . Sesaat setelah lepas landas, sang pilot melaporkan adanya masalah pada bagian mesin sehingga ia memutuskan untuk kembali ke Bandara Midway.

Sekitar pukul 2.40 dini hari, pesawat ‘nyungsep’ atau jatuh dengan posisi kepala pesawat menghantam bagian depan rumah warga di S. Knox Avenue, menerobos ruang tamu sampai basement hingga menyisakan sepertiga bagian pesawat termasuk bagian ekornya. Pemilik rumah, yang dikabarkan adalah pasutri berumur 80-an, selamat. Mereka tengah tidur saat kejadian, pesawat jatuh hanya beberapa inchi dari posisi mereka.

“Pesawat jatuh sekitar 8 inchi dari mereka”, Asisten Komisoner Michael Fox dari Departemen Pemandam Kebakaran Chicago menjelaskan terkait kondisi pemilik rumah saat kejadian. “Mereka sangat beruntung. Mereka berada di kamar tidur yang letaknya bersebelahan dengan ruang tamu. Ruang tamu mereka habis akibat hantaman pesawat”.

Tidak ada luka yang menggores kedua pemilik rumah, bahkan mereka menolak rujukkan petugas untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat.

Identitas pilot hingga saat ini belum dipublikasikan.

Kecelakaan pesawat sekitar seperempat mil dari landasan pacu. Petugas menjelaskan bahan bakar avtur bocor, namun tidak terjadi kebakaran atau ledakan.

Berdasarkan catatan FAA, pesawat milik Central Airlines Inc dari Fairway, Kansas dibuat tahun 1964. National Transportation Safety Board (NTSB) dan FAA segera menuju TKP untuk melakukan pemeriksaan. (nudiya)

loading...