Angkasa Pura 2

Helikopter Militer Thailand Meledak, 9 Tewas

KokpitKamis, 20 November 2014
golinejad20101016102534793

BANGKOK (beritatrans.com) – Sebuah helikopter militer Thailand meledak dan menewaskan lima perwira militer dan empat awak kapal yang berada dalam pesawat di Thailand Utara, Senin (17/11/14) kemarin.

Dilansir oleh reuters.com, juru bicara Royal Thai Army Kolonel Sirijan Ngathong menjelaskan, kecelakaan helikopter Bell 212 itu terjadi sekitar 10 menit setelah berangkat dari kamp militer Provinsi Phayao, 590 km dari Bangkok.

Saat kejadian, helikopter dalam misi logistik, salah satunya didalamnya ialah wakil komandan Daerah Angkatan Darat Ketiga Mayor Jenderal Songphol Thongjeen.

Penyebab kecelakaan ini masih belum diketahui secara jelas.

Militer Thailand memiliki beberapa catatan sejarah kecelakaan helikopter. Pada tahun 2013, hanya berselang sehari, tiga helikopter mengalami kecelakaan dan menewaskan 17 orang, sehingga untuk beberapa saat helikopter Bell 212 harus ‘dikandangkan’. Biasanya penyebab kecelakaan diantaranya kendala pada mesin dan jarak pandang yang buruk.

Menyusul kecelakaan ini, helikopter Bell 212 kembali ‘dikandangkan’ sambil menunggu pemeriksaan lebih lanjut, seperti yang dikabarkan oleh beritasatu.com. Pemeriksaan juga digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan keamanan maksimum untuk operasi helikopter ini kedepannya. (nudiya)