Angkasa Pura 2

Loka LP3 Banyuwangi harus Sejajar Negara Maju

SDMRabu, 26 November 2014
Yudhi sari sitompul

BANYUWANGI (beritatrans.com) – Badan Pengembangan SDM Perhubungan akan terus mengembangkan Loka Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (LP3) Banyuwangi dengan lebih baik. Lulusan LP3 Banyuwangi harus setara dengan negara maju lainnya.

“Setelah lulusan pertama ini, kami harus meningkatkan lagi mutu lulusan,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satri Utomo usai wisusa pilot di Loka LP3 Banyuwangi, Rabu (26/11/2014).

Menurutnya, LP3 Banyuwangi merupakan sekolah penerbang milik pemerintah kedua setelah STPI Curug Tangerang. “Mutu dan lulusan sekolah penerbang Banyuwangi ini harus ditingkatkan. Kita harus sejajar dengan sekolah lain di luar negeri,” kata Tommy.

Untuk itu, kata dia, BPSDM Perhubungan akan memperkuat fasilitas dan sarana pendidikan pilot di LP3 Banyuwangi. “Tahun depan akan menambah 3 pesawat latih jenis Cessna 127 SP. Sebelumnya sudah ada 9 pesawat latih dari jenis Cessna dan 2 Tobago,” jelas Tommy.

Dari tujuh kelas penerbangan yanga ada di Loka LP3 Banyuwangi, masing-masing angkatan kedua dsan ketujuh adalah dari aparatur Kementerian Perhubungan. Sedang angkatan ketiga berasal dari Papuia dan Papua Barat sebanyak 11 siswa.

“Kepada para siswa penerbangan tersebut, diharapkan bisa menghasilkan SDM penerbangan khususnya pilot yang andal. Bila perlu bisa menginspirasi putra Indonesia lainnya menjadi pilot,” urai Tommy.

Kepala Pusbang SDM Perhubungan Udara Yudhi Sari Sitompul menambahkan, pihaknya akan memperkuat kualitas SDM baik dosen atau instruktur di bidang bahasa Inggris.

“Bahasa Inggrisnya harus diperkuat setara dengan Australia. Dengan begitu, lulusan Loka LP3 Banyuwangi memiliki nilai tambah bagus,” tegas Yudhi.(helmi)