Angkasa Pura 2

Dikeluhkan, Tol Sedyatmo ke Bandara Macet Sepanjang Hari

KoridorJumat, 28 November 2014
Macet tol bandara

JAKARTA (beritatrans.com) – Kepadatan lalu lintas terutama di ruas Tol Sedyatmo menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah mengkhawatirkan. Kemacetan hampir terjadi sepanjang waktu, baik siang atau malam. Batas kecepatan di tol antara 60-80 Km per jam dipastikan tak bisa dipenuhi, karena macet yang sangat parah.

Penerbangan Jakarta-Medan atau Jakarta-Surabaya bahkan Jakarta-Denpasar hanya butuh waktu antara 1-1,5 jam. Sementara, perjalanan menuju Bandara Soetta menimal butuh waktu 2 jam sebelum check ini.

“Jika ingin aman, sekarang harus mengalokasikan waktu antara 3-4 jam sebelum terbang. Perjalanan menuju bandara sangat tidak pasti karena potensi mactnya sangat tinggi,” keluh Hany, seorang penumpang pesawat terbang tujuan Surabaya.

Hendra, seorang karyawan Bea dan Cukai asal Cikarang juga menyampaikan keluhan yang sama. “Untuk terbang ke Semarang dia harus berangkat jam 03.00 dari Stasiun DAMRI Cikarang. Padahal, untuk terbang ke Semarang hanya butuh waktu 40 menit. Kalau bukan tugas kantor, tak mau saya bepergian seperti ini,” kata dia.

Andry, seorang awak Bus DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta menambahkan, perjalanan menuju bandara yang benar-benar lancar itu kalau jam 05.00 sudah sampai bandara.

“Darimanapun asalnya, kalau sebelum jam 05.00 sudah sampai badara dijamin lancar. Sebaliknya jika jam 05.00 baru jalan dari Stasiun Gambir misalnya, perjalanan sudah mulai padat,” papar karyawan Perum DAMRI tersebut.

Baik Hany atau Hendra mengusulkan agar pembangunan KA Bandara secepatnya diselesaikan. Dengan begitu, perjalanan menuju bandara akan lebih cepat dan tidak semua bertumpu di Jalan Tol Sedyatmo.

“Kalau perjalanan KA Bandara diharapkan bisa lebih pasti dan relatif bebas macet. Tapi kapan KA Bandara itu akan selesai, kita belum tahu,” tandas Hendra.(helmi)

loading...