Angkasa Pura 2

DKP Kepulauan Seribu Targetkan Produksi Perikanan Naik

Kelautan & PerikananJumat, 28 November 2014
Ikan

JAKARTA (beritatrans.com) – Suku Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu pada 2015 menargetkan produksi perikanan budi daya di daerah ini naik sebesar 149 kilogram, yakni dari 822 ton pada 2014 menjadi 928 ton.

“Kami targetkan jumlah produksi perikanan budi daya di Kepulauan Seribu terus bertambah setiap tahunnya,” kata Kepala Seksi Perikanan pada Sudin Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu M Arifin di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Ia menjelaskan penambahan produksi tersebut akan dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia di daerah setempat.

Salah satu peningkatan SDM itu dengan menempatkan tiga Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) untuk mengoptimalkan produksi perikanan tangkap dan budi daya.

“PPTK ini memberikan penyuluhan kepada nelayan agar mampu mengoptimalkan usaha sehingga mampu meningkatkan produksi dan pendapatan,” katanya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan pada tahun 2014 jumlah produksi perikanan budi daya di daerah berpenduduk 23.054 jiwa ditargetkan juga akan mencapai sebesar 928,5 ton atau naik dari produksi tahun sebelumnya.

“Kami optimistis jumlah peningkatan produksi perikanan budidaya akan tercapai dan akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan,” katanya.

Adapun jenis ikan budi daya yang dikembangkan di daerah Kabupaten Administrasi itu seperti kakap putih dan kerapu. Ikan yang dibudidaya dengan keramba jaring apung itu di pasarkan ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat.

Ia menambahkan kawasan budidaya di Kepulauan Seribu itu di antaranya Pulau Kelapa, Harapan, Karang Lebar dan Lancang. (aliy)