Angkasa Pura 2

Agam Juara Pengembangan Kawasan Minapolitan Tingkat Nasional

Kelautan & PerikananSunday, 30 November 2014

LUBUKBASUNG (beritatrans.com) – Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), berhasil menjadi juara ke dua pada lomba pengembangan kawasan minapolitan tingkat nasional pada tahun 2014.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Ermanto, di Lubukbasung, Sabtu (29/11/2014), mengatakan Kabupaten Agam keluar sebagai juara ke dua dengan nilai 88,60 poin.

Sementara posisi pertama diraih oleh Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, dengan nilai 91,40 poin dan peringkat ketiga Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan nilai 82,10 poin.

“Nilai kita kurang pada unit pelayanan dan pengembangan ikan dari Kabupaten Banjarnegara,” kata Ermanto seperti dilansir Antara.

Penghargaan ini, tambah dia, langsung diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Bupati Agam Indra Catri saat peringatan Hari Adibakti Mina Bahari di Jakarta.
Sebelumnya, tim penilaian minapolitan melakukan penilaian ke Kabupaten Agam pada Senin (27/10).

Penilaian ini bertujuan agar berkembangnya komoditas-komoditas unggulan pada sektor perikanan di suatu wilayah yang berbasis kepada demokratisasi ekonomi kelautan dan perikanan pro rakyat.

Selain minapolitan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam, juga menerima penghargaan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) dari Kementrian Kelautan Perikanan Republik Indonesia pada tahun 2014.

Penghargaan ini diserahkan saat memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) untuk pertama kalinya pada 30 November 2014. (aliy)