Angkasa Pura 2

Bandara Nusawiru Dikembangkan untuk Penambahan Kapasitas Penerbangan & Pendidikan Kedirgantaraan

BandaraMinggu, 30 November 2014
Bandara nusawiru

PANGANDARAN (beritatrans.com) – Bandar Udara (Bandara) Nusawiru, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diperluas dan ditingkatkan kapasitasnya mulai tahun 2015. Perluasan ibi memungkinkan bandara melayani lebih banyak lagi rute penerbangan.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengemukakan pemerintah akan melapis ulang landasan pacu sepanjang 1.400 meter. Serta peningkatan fasilitas lainnya.

Sedangkan perluasan areal bandara, dia menuturkan dengan membebaskan lahan 52 hektar milik desa dan 4 hektar milik warga setempat.

“Dengan telah dibayaranya ganti rugi lahan, maka perluasan dapat segera dilakukan. Maka selanjutnya, tinggal dibuat rencana bisnis ke depannya,” jelasnya seperti dirilis pikiran rakya, Minggu (30/11/2014).

Selain meningkatkan fasilitas, pemerintah pun akan mengembangkan bandara tersebut untuk di bidang kedirgantaraan. Khususnya untuk pendidikan.

“Bandar Udara Nusawiru akan kita kembangkan sebagai pusat pendidikan kedirgantaraan, sekolah penerbangan, dan pelatihan lainnya. Sebab, lokasi ini sangat memungkinkan,” jelasnya.

Selain sebagai pusat pendidikan penerbangan, di sana pun dapat dikembangkan sebagai tempat perawatan pesawat terbang.

“Pengembangan pemeliharaan dan perawatan pesawat di sini sangat memungkinkan. Selain sekolah penerbangan, terdapat pula tempat pemeliharaan pesawat,” ucapnya.

Secara terpisah, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Yod Mintaraga mengharapkan Bandar Udara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran menjadi landasan komersil bagi pesawat jenis Boeing 737.

“Hal itu pentingĀ  untuk mendorong pertumbuhan daerah di wilayah selatan Jabar,” tuturnya kepada fokusjabar. (tifa).