Angkasa Pura 2

Djoko: Koordinasi Lintas Kementerian untuk Bangun Transportasi Publik

KoridorMinggu, 30 November 2014
djoko unika SMG

JAKARTA (beritatrans.com) – Kerja sama lintas sektoral antar kementrian sangat diperlukan untuk menata transportasi publik di Tanah Air.

“Mereka itu adalah Kemenhub, Kemenperin, Kemen. ESDM, Bappenas, Kemenkeu, Kemendgri dan Kemeneg. BUMN,” kata pakar transportasi Unika Soegijopranoto Semarang, Djoko Setijowarno pada beritatrans.com Minggu (30/11/2014).

Selama ini hampir tak ada koordinasi dan sinkronisasi dalam membangun transportasi umum yang baik. Setiap dan daerah mempunyai konsep sendiri tanpa menghiraukan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Menurutnya, kebutuhan akan transportasi umum sudah setara kesehatan dan pendidikan. “Indonesia termasuk negara yang terbelakang alias ketinggalan menata angktn umum,” kata Djoko.

Dikatakan, negara lain sudah melaju kencang dengan tek IT (infomation texhnology) dlm menata transportasi umum. “Kondisi angkutan umum di Indonesia termasuk Jakarta sangat memprihatinkan jika tak mau disebut menuju kebangkrutan,” tukas Djoko.

“China butuh kurang dari 5 tahun menata transportasi umum perkotaan sudah lengkap dengan jaringan KA & bus. Pasalnya, mereka mempunyai anggaran cukup banyak untukk itu,” jelas Djoko.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari