Angkasa Pura 2

Sepeda Motor Dominasi Angka Kecelakaan di Aceh

Aksi PolisiMinggu, 30 November 2014
Kecelakaan Motor 1

BANDA ACEH (beritatrans.com) – Sepeda motor mendominasi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang tersebar di 23 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh, kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Syamsul Bahri.

“Setiap tahunnya, jumlah korban kecelakaan lalu lintas baik luka ringan, berat maupun meninggal dunia terus bertambah. Angka kecelakaan itu didominasi kendaraan roda dua,” katanya di Banda Aceh, Sabtu (29/11/2014).

Dari kasus kecelakaan lalu lintas itu sekitar 600 orang korban meninggal dunia di berbagai kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Angka itu, Syamsul menyebutkan dari kasus kecelakaan tersebut rata-rata menggunakan sepeda motor sekitar 70 persen akibat kecerobohan dan ketidakhati-hatian pengendara di jalan raya.

Pihaknya terus berupaya agar kasus kecelakaan di jalan raya itu bisa menurun, karenanya diperlukan dukungan instansi terkait dan juga kepedulian masyarakat, kata Kombes Syamsul Bahri.

Ia juga mengimbau semua pihak agar berperan aktif mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Jika dilihat pertumbuhan laju kendaraan dengan peningkatan jalan justru sangat tidak sebanding.

Namun, Samsul mengakui, angka kecelakaan di Aceh masih belum begitu parah, tetapi lebih baik mencegah dari sekarang untuk menekan angka tersebut dari pada sudah terjadi.

“Kalau di ranking tertibnya berlalu lintas di jalan raya maka Aceh dengan daerah lain mungkin pada urutan 10 di Indonesia,” kata Dirlantas seperti dilansir Antara.

Disebutkan daerah rawan kecelakaan yakni lintas darat sebelah utara dan timur Banda Aceh yang diperkirakan 50 persen, tengah 20 persen dan barat-selatan 30 persen dan lima persen diantaranya disebabkan oleh ternak.

“Jalan keluarnya untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya itu yakni menghidupkan kembali jalur kereta api,” katanya menyebutkan.

Kemudian, Syamsul menyebutkan saat ini jumlah roda dua sekitar tiga juta unit, roda empat 700 ribu unit. Rata-rata terjadi kenaikan sebulan naik lima persen. (aliy)