Angkasa Pura 2

Honda Akan Ekspor Motor Skutik ke ASEAN

OtomotifSenin, 1 Desember 2014
Honda skutik

DDENPASAR (beritatrans.com) – PT Astra Honda Motor (AHM) mengekspor sepeda motor otomatik (skutik) ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) pada 2015.

“Semester pertama tahun depan kami berencana mengekspor sepeda motor ke ASEAN,” kata General Manajer Penjualan AHM Thomas Wijaya di Badung, Bali, Minggu (30/11/2014).

Pihaknya akan mengekspor sepeda motor otomatik yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar di negara tersebut.

“Kami harus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Selain itu disesuaikan juga dengan produksi Honda di negara lain anggota ASEAN,” ujar Thomas.

Honda, kata dia, memiliki basis produksi tidak hanya di Indonesia, namun juga di Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

“Jadi apa yang tidak ada di sana, itu model yang diekspor,” katanya seperti dilansir Antara.

Namun, Thomas tidak mau menjelaskan secara detail model sepeda motor otomatik yang akan diekspor. Bahkan dia juga enggan menyebut negara tujuan ekspor di ASEAN serta berapa banyak yang diekspor.

Selama ini, AHM telah memproduksi sejumlah sepeda motor otomotik, seperti Vario, Beat, Spacy, dan Scoopy, di samping sepeda motor bebek dan sport.

Perusahaan patungan PT Astra International Tbk dan Honda Motor Corp itu, merupakan produsen sepeda motor terbesar di Indonesia dengan kapasitas 4,2 juta unit sampai saat ini.

Pada 11 Desember 2014, AHM berencana meresmikan pabrik ke-3 di Karawang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit, sehingga kemampuan produksinya bertambah menjadi 5,3 juta pada Desember 2014.

“Tahun depan kami memproyeksikan penjualan sebesar lima juta unit, naik tipis dibandingkan tahun ini sebesar 4,7 juta unit,” ujar Thomas.

Total pasar sepeda motor secara nasional saat ini diperkirakan 7,7 juta sampai 7,9 juta unit. (aliy)

loading...