Angkasa Pura 2

Jaka Tingkir Layani Purwosari – Jakarta Setiap Hari

EmplasemenSelasa, 2 Desember 2014
KA Jaka Tingkir

YOGYAKARTA (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta meluncurkan KA New Jaka Tingkir yang kini melayani rute Purwosari-Jakarta Pasar Senen setiap hari.

“KA Jaka Tingkir sebelumnya hanya dijalankan pada Selasa, Kamis, dan Minggu. Namun sejak 22 November, kereta tersebut resmi dijalankan tiap hari,” kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Sunarjo di Yogyakarta, Senin (1/12/2014).

Selain itu, kereta New Jaka Tingkir tersebut juga sudah menggunakan rangkaian kereta baru produksi PT INKA. Di setiap gerbongnya dilengkapi berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan penumpang, di antaranya mengubah skema tempat duduk dari dua-tiga, menjadi dua-dua.

Total kapasitas tempat duduk KA New Jaka Tingkir adalah 604 penumpang yang terdiri masing-masing 80 kursi untuk enam kereta utama dan 62 kursi untuk dua kereta khusus penyandang disabilitas.

Selain posisi tempat duduk yang lebih nyaman, kondisi toilet juga diperbaiki. Jika sebelumnya dinding menggunakan material fiberglass, maka kini menggunakan stainless steel, serta dilengkapi dengan sistem “flushing” yang ramah lingkungan.

“Toilet di kereta khusus penyandang disabilitas juga lebih luas untuk memudahkan penyandang disabilitas mengaksesnya,” katanya seperti dikutip Antara.

KA Jaka Tingkir diluncurkan pertama kali oleh PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta pada awal Desember 2013 dengan relasi Solo Jebres-Pasar Senen.

Sementara itu, Manajer Komersial PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Sigit Irawanta mengatakan, hingga Jumat (5/12) akan diberlakukan tarif promo untuk kereta itu, yaitu Rp150.000 per penumpang.

“Kereta ini masuk dalam kategori kereta komersial dengan tarif yang dinamis,” katanya.

Jaka Tingkir diberangkatkan dari Purwosari pada pukul 16.20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 02.01 WIB, sedangkan dari Pasar Senen diberangkatkan pada pukul 12.50 WIB dan tiba di Purwosari pada pukul 23.08 WIB.

Manager Corporate Communication PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Bambang Setiyo Prayitno berharap, KA New Jaka Tingkir tersebut mampu menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat Surakarta dan Yogyakarta menuju Purwokerto, Cirebon dan Jakarta.

Pemesanan tiket, lanjut dia, dapat dilakukan pada H-90 keberangkatan melalui pusat reservasi di stasiun atau di agen lain seperti kantor pos, minimarket waralaba, atau pemesanan secara “online”. (amatul)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari