Angkasa Pura 2

Tur Asia 11 Hari, Airbus A350 XWB Kini Jadi Primadona Pasar Asia

KokpitSelasa, 2 Desember 2014
sumber : airbus.com

TOULOUSE (beritatrans.com) – Anggota terbaru keluarga widebody Airbus, A350 XWB, Jum’at (28/11/14) lalu mendarat di pusat perakitan pesawat Airbus di Toulouse, Perancis usai melakukan demo penerbangan Tur Asia. Berkat perjalanannya keliling Asia selama 11 hari ini, kini Airbus A350 XWB menjadi sorotan utama pada pasar Asia.

Pesawat MSN005 A350-900 melakukan pendaratan di beberapa destinasi diantaranya Seoul, Tokyo, Hanoi, Bangkok, dan Kuala Lumpur sebelum kembali ke Toulouse Jum’at lalu dengan mengantongi sertifikat kelayakan terbang dan menyandang gelar ‘World Traveler’ sebagai hasil dari rangkaian demo penerbangannya.

Selama pemberhentian di beberapa destinasi tersebut, lebih dari 4000 orang datang untuk melihat pesawat anggota baru widebody Airbus ini. Para pengunjung itu diperbolehkan naik ke dalam pesawat, 375 orang diantaranya berkesempatan ikut terbang dalam rangkaian demo penerbangan.

A350 XWB menyajikan desain aerodinamis dan material-material terbaru – seperti kerangka pesawat yang terbuah dari 53% bahan komposit- dan mesin Rolls-Royce Trent XWB yang efisien bahan bakar. Untuk para operator, A350 XWB menawarkan keunggulan diantaranya 25% lebih hemat bahan bakar, mengurangi emisi bahan bakar dan mengurangi biaya maintenance.

Para pengunjung MSN005 disuguhkan kabin “xtra” yang luas dengan ruang pribadi (personal space) yang lebih luas pada semua kelas, hiburan dan sistem konektivitas termutakhir, jendela panoramik, dan bagasi kabin yang lebih luas.

A350 XWB sudah menjadi primadona pasar Asia Pasifik, bahkan sebelum masuk ke pelayanan komersial. Dari 750 unit jumlah pemesanan A350 XWB kepada Airbus, sepertiganya merupakan pesanan dari beberapa operator di Asia Pasifik, termasuk beberapa operator kelas dunia seperti AirAsia X, Air China, Asiana Airlines, Cathay Pacific Airways, China Airines, Hong Kong Airlines, Japan Airlines, Singapore Airlines, SriLankan Airlines, Thai Airways Internasional, dan Vietnam Airlines.

A350-900 pertama dijadwalkan akan dikirim ke Qatar Airways sebelum akhir tahun 2014 ini. Pertengahan 2015 mendatang Airbus sudah terjadwal akan mengirim A350 XWB untuk Vietnam Airlines sebagai operator A350 XWB Asia pertama. Saat ini A350 XWB untuk Vietnam Airlines sudah memasuki tahap perakitan akhir. (Nudiya)

loading...