Angkasa Pura 2

Indroyono: Bangun Kapal Perintis untuk KTI

DermagaRabu, 3 Desember 2014
kapal_perintis

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah akan membangun dua kapal perintis dengan kapasitas 750 DWT dan 1200 DWT untuk wilayah Bitung hingga Maluku Utara.

“Pembangunan dan pengembangan kawasan timur Indonesia (KTI) harus didukung infrastruktur, terutama kapal laut,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo di Jakarta, Selasa.

Daerah ini (Maluku dan Sulawesi Utara) dan wilayah KTI lainnya dominan terdiri dari wilayah laut. Praktis KTI membutuhkan sarana kapal laut yang lebih kuat.

“Pada pertemuan dengan Presiden Jokowi di Bogor pada Jumat lalu beliau memerintahkan kalau bisa daerah-daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar yang berpenghuni harus kondisinya minimal sama dgn tetangganya,” kata Menko seperti dilansir metrotvnews.

Sebagai negara maritim, Indonesia membutuhkan kapal berbagai ukuran yang lebih banyak lagi. “Apalagi, Pemerintahan Jokowi-JK komitmen untuk memajukan sektor maritim. Salah satunya mengembangkan tol laut itu,” jelas Indroyono.

“Terkait konektivitas akan mulai segera dibangun kapal-kapal perintis ukuran 750 DWT dan 1,200 DWT untuk ke wilayah Bitung dan Maluku Utara,” tegas Indroyono.(helmi/awe)